Logo Eventkampus

7 Manfaat Sinar Matahari Pagi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Manfaat Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari merupakan sumber kehidupan untuk semua makhluk hiup yang ada di bumi, semuanya membutuhkan sinar matahari karena energi yang terdapat di dalam matahari itu sangat banyak sekali sehingga semua makhluk hidup membutuhkannya, termasuk bagi hewan serta tumbuhan terkhusus untuk manusia.

Sinar matahari di pagi hari tak hanya indah untuk dipandang serta menghangatkan tubuh saja melainkan banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi tubuh kita sangat memerlukan Vitamin D untuk pembentukan tulang dan dengan sinar matahari kita bisa dengan gratis mendapatkannya.

Berikut Manfaat Sinar Matahari Pagi :

  1. Membentuk tulang

Sinar matahari mengandung vitamin D, sehingga ketika kita tersinari oleh sinar matahari di pagi hari vitamin D dalam tubuh akan meningkat sehingga kalsium juga akan diserap dengan lebih oleh tubuh dengan demikian pembentukan tulang akan baik dan terhindar dari penyakit osteomalacia.

  1. Mengurangi gula darah

Kadr gula darah sangatlah berbahaya jika didiamkan begitu lama, karena akan menimbulkan penyakit yang luar biasa. Untuk menjaga gula darah supaya tetap normal kita hanya perlu tersinari oleh matahari saja beebrapa menit salah satunya. Dengan sinar matahari tubuh kita dengan mudah menyerap glukosa yang masuk pada sel yang ada di tubuhyang merangsang gula dalam tubuh menjadi glycogen hingga dengan proses tersebut kdar gula darah akan menurun.

  1. Menurunkan kolesterol

Perlu sahabat ketahui bahwa kolesterol yang tersimpan di dalam kulit akan berubah menjadi vitamin D ketika tersinari oleh matahari dan secara langsung kolesterol tersebut akan keluar dari darah melalui kulit. Dan hal inilah yang membuat kadar kolesterol di dalam tubuh itu akan normal, maka dari itu seringlah berjemur ya sahabat.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut penelitian, jika kita berjemur di bawah matahari sekitar 10 menit sebanyak dua kali dalam seminggu maka dapat mengurangi resiko flu. Dan kondisi itu akan bertahan selama kurang lebih tiga minggu. Maka dari itu seringlah berjemur, karena ketika matahari menyinari kita maka sel darah putih akan meningkat dan bertambah sehingga dengan mudah menyerang penyakit yang akan menghampiri.

  1. Mengandung vitamin D

Ketika kita berjemur di bawah sinar matahari selama 5 menit saja, maka secara tidak langsung tubuh kita sudah diberikan vitamin D sebanyak 400 unit, waw keren sekali bukan sinar matahari ini. Tak hern jika kita disarankan untuk berjemur di pagi hari. Apalagi untuk bayi karena bayi sangat memerlukan sinar matahari pagi hari untuk pembentukan tulangnya.

  1. Pembunuh bakteri dan infeksi

Sinar matahari ini sangat membantu sekali tubuh kita dalam pencegahan maupun pembunuhan bakteri. Bagi sahabat yang memiliki penyakit asma, keracunan darah, TBC, peritonisis, mumps, dan pneumonia sangat disarankan untuk terapi sinar matahari di pagi hari karena tubuh sangat membutuhkan sinar matahari untuk membunuh semua bakteri di dalam tubuh. tak hanya itu virus yang menyebabkan kanker juga mampu di bunuh oleh sinar matahari.

  1. Meningkatkan pernafasan

Salah satu manfaat dari sinar matahari ini yaitu untuk menyaalurkan oksigen pada jaringan darah, dengan itu saluran pernafasan akan lebih baik dan lancar tanpa ada gangguan apapun, maka dari itu banyak sekali manfaat sinar matahari ini.

Penulis

foto Azis Maulana
Azis Maulana
SMKN 2 Karanganyar

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar