Logo Eventkampus

Kumpulan makanan untuk menurunkan darah tinggi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Kumpulan makanan untuk menurunkan darah tinggi

 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam” karena jarang memiliki gejala yang jelas. dan inilah makanan yang dapat menurunkan darah tinngi :

Pisang

Mungkin Anda kaget mendengarnya. Ya, buah pisang selain murah meriah, juga bermanfaat untuk kesehatan tekanan darah Anda. Buah yang mudah ditemukan ini ternyata dapat membantu Anda para penderita hipertensi untuk menurunkan darah tinggi. Mengapa?Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt.

Bayam

Daun bayam merupakan sumber serat yang tinggi, selain itu daun bayam juga memiliki kandungan kalium. Kalium merupakan zat yang sangat baik, yang mampu mengurangi efek dari tekanan dara tinggi atau hipertensi yang anda derita.

Kentang

Kentang merupakan sebuah produk umbi-umbian yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain sumber karbohidrat sehat, kentang juga memiliki kandungan magnesim dan potassium. Kedua senyawa ini akan sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Magnesium juga sangat dapat diandalkan untuk memperlancar aliran darah. Kedua senyawa ini dapat membantu tubuh dalam menjaga tekanan darah dalam diri.

Yogurt

Kekurangan kalsium adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah, untuk itu, Anda perlu untuk menambahkan kalsium ke dalam asupan Anda. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah yogurt. Sekitar 170 gram yogurt mengandung 300 mg kalsium, hampir 1/3 dari kebutuhan kalsium Anda. Kandungan natrium dalam yogurt juga termasuk rendah, sehingga aman bagi Anda penderita hipertensi. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga dapat membantu menurunkan darah tinggi, seperti yang ditemukan pada beberapa penelitian.

Cokelat

Tentu Anda tidak menyangka jika cokelat dapat menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi cokelat yang kaya akan flavonoid (biasa ditemukan pada dark chocolate) ternyata dapat membantu Anda dalam penurunan tekanan darah tinggi.Penelitian dalam BMC Medicine tahun 2010 menyebutkan bahwa konsumsi dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi atau prahipertensi. Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah, hasilnya dapat menurunkan tekanan darah, seperti dijelaskan dalam penelitian lain. Semakin tinggi kandungan kakao dalam produk cokelat (sebanyak 70% kakao), semakin baik untuk kesehatan Anda.

Penulis

foto ilham rizki kurniawan
ilham rizki kurniawan

Artikel Terkait

Kenapa moba kok analog…???
08 Maret 2018
Tips Memancing Ikan Di Sungai
09 Maret 2018
Apakah Kacamata Anti Radiasi Komputer Efektif untuk Melindungi Mata?
12 Maret 2018
Jangan Salah, Kebiasaan 'Alay' Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesanmu
12 Maret 2018
Bagaimana Hukum Bermain Mobile Legend menurut islam?
14 Maret 2018

Komentar