Logo Eventkampus

Microsoft PowerPoint

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint

Pengertian

Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Sejarah singkat

Aplikasi Microsoft Powerpoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethoutght, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi Power Point.

Pada tahun 1987, Power Point versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukung adalah Apple Macintosh. Power Point kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari Power Point muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethoutght, Inc dan tentu saja perangkat lunak Power Point dengan harga kira-kira 14 juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari Power Point (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun1990, Power Point telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Versi terbaru adalah Microsoft Office Power Point 2007 (Power Point 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Fungsi

Fungsi Microsoft Powerpoint adalah untuk Membuat presentasi dalam bentuk slide dan dapat menambahkan file lain berupa audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.

Cara menggunakan Ms.Power Point

Untuk memulai program Microsoft Powerpoint 2003, maka terlebih dahulu paket software ini harus terinstal kedalam PC. Adapun langkah-langkah untuk memulai program Microsoft Powerpoint 2003 adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol start
  2. Pilih All Programs
  3. Pilih Microsoft Office
  4. Klik Microsoft Office Powerpoint

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar