Logo Eventkampus

Apakah itu BIOGAS,..?

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Apakah itu BIOGAS,..?

BIOGAS

Pengertian Biogas

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas juga dapat diartikan sebagai Salah satu energi alternatif yg dihasilkan oleh fermentasi bahan2 Organik seperi kotoran Manusia dan kotoran hewan.

Manfaat biogas :

  1. Pengganti kayu bakar menghidupkan kompor
  2. Menghasilkan pupuk organic Dari segi lingkungan, pembuatan biogas yang berasal dari limbah dan sampah yang dapat terurai akan menghasilkan pupuk organic yang merupakan hasil dari pengolahan biogas itu sendiri. Pupuk organic memiliki banyak sekali kelebihan, karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang kemungkinan akan menempel pada hasil produksi pertanian nantinya.
  3. Meningkatkan kualitas udara Dengan menggunakan energy dari biogas, maka komposisi karbon dan asap yang dapat merusak kualitas udara dapat dikurangi secara signifikan, sehingga akan sangat berpengaruh bagi kualitas udara yang kita hirup sehari – harinya.
  4. Pembangkit listrik Saat ini pemasok listrik tunggal, yaitu PLN masih menggunakan bahan bakar jenis solar untuk memasok sebagian besar pelanggannya di seluruh Indonesia. Padahal, biogas dapat menjadi salah satu bahan bakar alternative yang dapat menghasilkan listrik. Kira – kira 1 meter kubik biogas dapat menghasilkan 6000 watt listrik per jam nya.
  5. Bahan bakar kendaraan Saat ini memang penggunakan energy fosil dan bahan bakar minyak untuk kendaraan sudah mulai diperhatikan, yaitu dengan cara konversi bahan bakar menjadi bahan bakar yang berbasis gas, seperti CNG ataupun bahan bakar listrik. Namun demikian selain kedua bahan bakar tersebut, biogas juga merupakan salah satu energy yang sangat baik untuk menjadi bahan bakar dari kendaraan.

Alat :

  1. 1 buah Galon
  2. Pisau yang tajam
  3. 2 buah Pipa logam yang kecil dengan diameter 1 centimeter dan panjang 10 centimeter dan 20 centimeter
  4. Selang plastik aquarium yang berdiameter 1 centimeter dan panjang 1 meter

Bahan:

  1. Air Secukupnya
  2. Eceng Gondok atau sayuran sisa yang masih mentah

Cara Pembuatan:

  1. Langkah awal masukan eceng gondok atau sayuran lain ke dalam galon sampai setengahnya.
  2. Setelah itu isi galon dengan air secukupnya lalu tutup galon dengan rapat.
  3. Simpan galon hingga satu minggu dengan tujuan supaya bahan organik dapat menjadi busuk.
  4. Siapkan dua buah pipa logam.
  5. Tutup galon dilubangi sedikit untuk pipa logam dengan menggunakan pisau tanpa membuka tutupnya dari galon supaya gas tidak keluar.
  6. Tusukan pipa logam ke tutup galon yang sudah dilubangi tadi.
  7. Sambungkan selang plastik aquarium yang sudah disediakan pada pipa logam yang sudah ditusukkan pada tutup galon.
  8. Pada ujung selang plastik aquarium kemudian disambungkan pada pipa logam yang panjangnya 20 centimeter.
  9. Setelah selesai, dapat dicoba dengan menyalakan korek api pada ujung pipa logam.

 

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Komentar