Logo Eventkampus

Aneka Jajanan Pasar Tradisional Enak dan Lezat

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Aneka Jajanan Pasar Tradisional Enak dan Lezat

Kue jajanan pasar kebanyakan tergolong kue basah. Aneka jajanan pasar juga biasa disajikan untuk suguhan tamu, rapat, arisan, atau sekedar cemilan minum teh. Hampir tiap tempat di Indonesia memiliki jajanan mereka sendiri, sebagian ada yang sama tetapi dengan nama yang berbeda dan cita rasa yang berbeda pula.

            Berikut beberapa macam jajanan pasar

  1. Jajanan Pasar Kue Lapis

    Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia. Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

  2. Jajanan Pasar Naga Sari

    Nagasari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isi adalah pisang jenis pisang raja. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Selain bahan yang tersebut di atas, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas, Nagasari berasal dari Jepara. Di Makassar, kue ini di sebut Roko roko unti, yang di klaim berasal dari Makassar.

  3. Jajanan Pasar Cara Bikang

    Kue Bikang merupakan salah satu jenis kue basah khas jajanan indonesia. Kue ini dapat kita temukan hampir disetiap daerah indonesia. Dengan tekstur yang lembut dan dikemas dalam bentuk menarik seperti mawar, sehingga membuat kue baking ini selalu mengambil hati para pacinta jajanan pasar. Kue bikang berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras di padu dengan bumbu-bumbu pilihan khas nusantara membuat sajian ini terasa nikmat.

  4.  Jajanan Pasar Kue Onde Onde

    Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.[ Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

    Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.

  5. Jajanan Pasar Kue Klepon

    Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon tampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

     

 

 

Penulis

foto Putriyah safaah
Putriyah safaah
SMK N MATESIH

Komentar