Logo Eventkampus

Tertawa tak Hanya Bikin Hati Bahagia.

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tertawa tak Hanya Bikin Hati Bahagia.

 

 

1. Sebelum berbicara, manusia tertawa

Beberapa orang percaya bahwa tertawa merupakan cara manusia saling berhubungan sebelum menemukan bahasa.Mekanisme tertawa mendarah daging di otak, hingga bayi yang berumur 17 hari terlihat bisa melakukannya. Seorang anak yang lahir buta dan tuli bahkan sudah mampu untuk tertawa.

2. Pasangan yang tertawa bersama, hubungan akan terus langgeng

Sebuah percobaan dilakukan Robert Levinson, profesor psikologi di University of California Berkeley dengan mengundang beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Dia minta setiap pasangan untuk mendiskusikan sesuatu yang membuat dia kesal dengan pasangannya.Pasangan yang mampu menangani situasi konflik dengan tawa, memiliki tingkat kepuasan hubungan lebih tinggi dan bertahan lebih lama daripada yang tidak bisa tersenyum

3. Tawa mengendalikan otak kita

Ketika melihat orang tertawa, terkadang kita tidak bisa menahan senyum. Menurut penelitian dari Sophie Scott, ahli saraf dari University College London, dia menemukan ketika otak subyek memainkan suara tawa, daerah otak yang mempersiapkan otot-otot di wajah untuk bergerak, telah diaktifkan.

4. Tertawa membakar kalori lebih banyak

Menurut penelitian di Vanderbilt University, hanya dengan 10 sampai 15 menit, tertawa bisa membakar hingga 40 kalori. Peneliti menemukan bahwa peningkatan denyut jantung dan konsumsi oksigen selama tertawa mendorong pembakaran ini.

5. Tertawa adalah obat

Banyak penelitian mengenai manfaat kesehatan dari tertawa. Penelitian dari Loma Linda University menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan ingatan orang dewasa pada usia 60-an dan 70-an. Penelitian University Maryland School of Medicine menemukan bahwa film lucu memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.Penelitian lain menunjukkan tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatur kadar gula darah, dan memperbaiki tidur.

6. Rasa humor bersifat genetik

Sebuah penelitian dari Northwestern University menunjukkan bahwa beberapa orang lebih cepat menertawakan kartun atau film lucu daripada gen-gen tertentu.

Penulis

foto joni saputra
joni saputra
SMKN MATESIH

Artikel Terkait

Sumber Keberuntungan yang perlu diketahui , agar hidup terus hoki
08 Agustus 2018

Komentar