Logo Eventkampus

Universitas Oxford lebih tua dari perdaban suku Aztec!!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Universitas Oxford lebih tua dari perdaban suku Aztec!!

Universitas Oxford lebih tua dari perdaban suku Aztec!!

Salah satu universitas yang sudah tidak diragukan lagi Namanya dikanca dunia ,apalagi dengan lulusannya yang banyak mendapat nilai cum laude. Tetapi ada fakta mengejutkan dibalik ketenarannya yaitu univeristas Oxford berusia lebih tua dari peradaban suku Aztec.

Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge.

Kedua universitas “kuno” ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan dua perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya, yang sering dirujuk sebagai “Oxbridge”.

 

Universitas Oxford ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat Divisi.

 

Oxford telah melahirkan banyak alumni terkemuka, dan 58 penerima Hadiah Nobel pernah belajar atau memiliki afiliasi dengan Universitas Oxford. Universitas ini secara rutin bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya, dan menjadi salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.

Menurut Peringkat Universitas Dunia Times Higher Education tahun 2012, Oxford adalah salah satu dari enam universitas paling bergengsi di dunia.

Dalam Times Higher Education World University Rankings 2013, Oxford menempati posisi dua di bawah Universitas Harvard, atau yang pertama di Britania Raya dan Eropa.

Oxford juga menempati posisi satu selama tiga tahun berturut-turut dalam pemeringkatan “Clinical, Pre-Clinical & Health”.

 

Oxford telah menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Good University Guide selama sebelas tahun berturut-turut,dan berada di posisi kedua dalam pemerinkatan The Guardian pada tahun 2013.

 

UNIVERSITAS OXFORD LEBIH TUA DARI PERADABAN SUKU AZTEC

Pada awal tahun 1096, kegiatan pembelajaran sudah dimulai di Oxford. Pada tahun 1249, Universitas Oxford telah berkembang menjadi universitas yang sudah sangat berkembang, dilengkapi dengan asrama mahasiswa di “hall of residence”, yaitu University, Balliol, dan Merton College.

 

Oxford bukanlah universitas tertua. Universitas Nalanda di India sudah berjalan lebih dahulu namun dibakar habis oleh penjajah sebeleum Oxford dibangun.

Namun Oxford, yang merupakan salah satu universitas tertua dunia yang masih berjalan, tidak tampak tua. Buktinya, kita masih dapat mendaftar ke Oxford. Kita masih bisa masuk ke Merton College.

Namun, peradaban Aztec, di Meksiko, terasa sangat tua.

Asal usul peradaban Aztec, ditandai dengan pendirian kota Tenochtitlan oleh Mexica di Danau Texcoco, sebelum tahun 1325.

Tenochtitlán ditangkap oleh penjajah Spanyol pada tahun 1521, hanya 196 tahun kemudian. Gedung Putih telah berdiri lebih lama dari pada bangsa Aztec memerintah Tenichtitlan.

Penulis

foto indra
indra

Komentar