Logo Eventkampus

Tindakan Orang Tua Saat Anak Mengakses Internet

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tindakan Orang Tua Saat Anak Mengakses Internet

Zaman semakin modern manusia semakin dimudahkan dengan hadirnya teknologi canggih seperti internet. Di mana internet merupakan suatu hubungan (koneksi) dari satu komputer ke komputer lainnya diseluruh dunia melalui server dan router yang terdedikasi. Ketika dua komputer terhubung lewat internet, mereka bisa saling kirim dan terima informasi seperti teks, grafik (gambar), suara, video dan program komputer lainnya berupa software dan aplikasi.

Saat ini komputer dan internet telah menjadi bagian yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Cuma duduk manis di depan komputer kita sudah tahu beberapa informasi yang kita butuhkan. Manfaat internet dapat dirasakan tidak hanya oleh kalangan profesional, tetapi juga dapat dirasakan oleh mahasiswa, remaja, ibu rumah tangga, hingga pelajar SD.

Internet jika kita mengambil dari sisi positif akan terasa bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Tetapi tidak jika kita mengambila dari sisi negatifnya.

Kebanyakan anak yang mengakses internet akan menimbulkan kekhawatiran bagi orangtuanya. Karena takut anak-anak terkena dampak yang negatif dari internet seperti informasi yang bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain yang kurang bagus buat anak. Selain itu, bagi anak kebanyakan di depan komputer akan mengganggu aktifitas kegiatan positif dan mengurangi kesehatan mata. Oleh sebab itu orang tua harus mengambil sikap agar anaknya tetap positif selama mengakses internet.

Berikut yang harus dilakukan orang tua terhadap anaknya :

Mendampingi anak disaat mengakses internet

Sebaiknya letakan komputer di ruang keluarga dan jangan biarkan anak tanpa pengawasan orang dewasa. Ini bertujuan agar orang tua bisa menyortir jenis informasi yang diterima anak, serta orang tua dapat meluruskan akan pemahaman yang salah.

Bagi orang tua tidak boleh gaptek

Untuk menghindari anak dari hal-hal yang tidak diinginkan dari internet, orang tua perlu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai internet dan cara mengaksesnya. Alangkah baiknya anak belajar internet dari orang tuanya. Dengan begini orang tua dapat mengetahui sejauh mana pemahaman anak tentang internet selain itu dengan belajar bersama orangtuanya anak bisa terus terawasi.

Mengatur jadwal penggunaan komputer

Sebaiknya jadilah orang tua yang disiplin dalam menggunakan komputer, ini bertujuan agar anak dapat meniru orang tuanya. Hal lainnya yaitu membatasi pemilihan situs yang bisa dikunjungi anak. Usahakan anak membiasakan diri untuk meminta ijin terlebih dahulu pada orang tua sebelum mengakses internet.

Alihkan anak dengan mengenalkan dengan berbagai aktivitas yang menarik

Ini bertujuan agar anak tidak hanya terpaku pada dunia internet. Beri pengertian yang halus tentang baik dan buruknya jika berlama-lama di depan komputer.

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

GANGSTARASTA ANIVERSARI 16Th
12 Desember 2017
Fakta jihyo twice
12 Januari 2018
Manfaat Jengkol
19 Januari 2018
Kegunaan Jahe Untuk Tubuh
19 Januari 2018
Kalian Hobi Muncak ? Persiapkan ini dahulu!
22 Januari 2018
Sejarah Prestasi yang di ukir oleh si Pangeran Biru PERSIB BANDUNG
22 Januari 2018

Komentar