Logo Eventkampus

Cara Mudah Untuk Mengasah Gunting.

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mudah Untuk Mengasah Gunting.

Cara Mudah Untuk Mengasah Gunting.

 

Gunting adalah alat yang sangat membantu proses potong memotong sesuatu .Kita semua pernah memakai gunrting.Dan bila gunting sudah tumpul tidak bisa diasah lagi.,biasanya gunting kita buang saja.Begitulah kebiasaan kita selama ini.

Gunting ini sangat diperlukan dalam setiap rumah tangga, memiliki manfaat multi guna. Dapat digunakan  untuk mengunting kain,bila mau membuat pakaian,menggunting kertas,untuk merangkai dekorasi.Bahkan tanpa gunting,sulit dibayangkan,bagaimana kaum wanita bisa merapikan rambutnya di salon salon. Kesimpulannya ,gunting yang kelihatan benda yang sangat sederhana,ternyata memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dari jaman ke jaman.

Sebenarnya ,gunting jarang sekali tumpul,kalau kita mengunakannya dengan  hati-hati,dan tidak terkana air,sehingga mudah berkarat..Juga tidak dipakai memotong benda benda, yang keras dan tidak sesuai dengan peruntukkannya.Bila kita memotong benda benda yang keras,maka akan mengakibatkan mata gunting akan menjadi tumpul .Hal ini akan menyebabkan gunting kehilangan daya gunanya..Begitu juga kalau gunting kena air dan tidak dikeringkan akan berkarat dan menjadi tumpul.

 

Mengasah Gunting,ternyata gampang gampang susah.

Mengasah pisau mudah.Mengasah gunting,tidak sama dengan mengasah pisau. Bila salah arah atau salah penerapan mengasahnya,maka guntingnya tidak semakin tajam,malahan semakin tumpul. Sehingga tidak dapat digunakan lagi. Dan biasanya setiap benda yang sudah tidak berguna,akan berakhir masuk dikeranjang sampah.

 

Ide Bisa Datang dari siapa saja.

 

Kemarin sewaktu kami semobil dalam perjalanan dan  berbincang bincang dengan Pak Agus ,dari berbagai cerita hilir mudik.,hingga sampai cerita pengalaman  cara yang mudah untuk mengasah gunting.Hal ini saya cobakan sesampai dirumah dan betul sekali gunting saya yang tumpul yang sudah tidak saya pakai lagi menjadi tajam kembali.

 

Caranya sangat mudah.

Ambillah sebuah botol dari kaca,misalnya botol bekas coca cola atau botol kecap juga boleh..Kemudian gunting yang tumpul,dipakai dengan melakukan gerakkan seakan mau  mengunting leher botol .dengan menggunakan tenaga yang agak keras..Lakukan ini berkali kali sampai gunting tersebut tajam.Kita bisa mencoba ketajaman gunting demgan memcoba mengunting kain.

Semoga dapat menambah wawasan kalian.

 

 

Penulis

foto indra
indra

Komentar