Logo Eventkampus

Cara Mendidik Anak Remaja Agar Tidak Terjerumus Pergaulan Bebas

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Mendidik Anak Remaja Agar Tidak Terjerumus Pergaulan Bebas

Remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa, usia remaja adalah usia belasan tahun, sehingga tidak bisa lagi dikatakan sebagai anak-anak namun juga belum bisa dikatakan dewasa. Masa remaja sangat rentan terjerumus ke dunia hitam, karena pada masa remaja akan gampang dipengaruhi. Tentunya hal tersebut akan membuat orang tua kawatir, sehingga perlu cara khusus menghadapi dan mendidik anak remaja agar tidak sampai terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Bagi anda yang memiliki anak ramaja, maka perlu kewaspadaan yang ekstra agar jangan sampai salah arah. Untuk membantu anda dalam mengawasi atau mendidik putra atau putri anda yang menginjak remaja itu, akan saya berikan beberapa tips dalam mendidik anak remaja. Beberapa tips itu antara lain:

  • Bekali Dengan Ilmu Agama

Mungkin hal tersebut sudah anda lakukan sejak anak masih kecil, itu merupakan sesuatu yang bagus. Nah pada masa remaja, maka berikan tambahan ilmu agama agar anak lebih mengerti lagi tentang sesuatu yang baik dan yang buruk. Dengan pemahaman agama yang baik, maka kecil kemungkinan anak akan terjerumus kedalam dunia kelam, yaitu dunia seks bebas dan narkoba yang sekarang ini semakin mengkhawatirkan.

  • Jangan Terlalu Mengekang Anak

Cara mendidik anak remaja agar tidak terjerumus ke dunia hitam selanjutnya adalah jangan terlalu mengekang si buah hati. Berikan sedikit kelonggaran anak untuk beraktifitas dengan teman-temanya, namun tetap anda awasi dan perhatikan. Karena mengekang anak akan membuat anak menjadi berontak, atau menurut saat di depan anda, namun liar diluar. Namun dengan begitu anda juga jangan terlalu memberi kebebasan, tetap ada batasan-batasan yang perlu anda berikan. Istilahnya adalah berikan kebebasan bersyarat terhadap anak.

  • Beri Tanggung Jawab

Bagaimanapun sekolah tetap harus diutamakan, jadi beri tanggung jawab terhadap anak untuk membuat anda bangga dengan si anak berprestasi di sekolah. Selain disekolah, ajarkan anak tanggung jawab untuk membantu anda di rumah. ingatkan untuk tidak lupa belajar setiap hari, agar si anak terbiasa dengan tanggung jawabnya.

  • Posisikan Anda Sebagai Sahabatnya

Cara mendidik anak yang beranjak remaja selanjutnya adalah dengan memposisikan anda sebagai sahabatnya. Ajari anak untuk selalu cerita tentang apapun, termasuk kisah di sekolah, kisah dengan teman-temanya, dll. Dengan begitu anak akan terbiasa menceritakan segala yang dialaminya terhadap anda, dengan demikian anda bisa mengawasinya tanpa harus mengekangnya.

  • Buat Suasana Nyaman

Kebanyakan kenakalan remaja dikarenakan oleh faktor ketidaknyamanan sewaktu dirumah, maka dari itu usahakan membuat nyaman saat anak dirumah. Bila kenyamanan itu sudah di dapat, maka anak akan enggan keluar rumah bila tidak ada kepentingan yang mendesak 

Kenakalan remaja bisa berawal dari faktor apa saja, termasuk faktor anda sebagai orang tua. Berikan kasih sayang sepenuhnya terhadap anak, karena anak adalah titipan dari Tuhan yang harus anda rawat dan jaga.

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

Kedokteran gigi unsoed kembali membuat gebrakan di bidang seni
23 Desember 2017
cara menghentikan rasa pusing
13 Januari 2018
Terungkap, Inilah Jawaban Atas Misteri Segitiga Bermuda !
19 Januari 2018
Makanan Yang Bisa Membahayakan Jika Dimakan Berlebihan
27 Agustus 2018
Beregu putri Indonesia menang 2-1 dari China
29 Agustus 2018
Usaha Cowok Dalam Memahami Ceweknya. Karena Remeh, Seringnya Dianggap Angin Lalu Saja
30 Agustus 2018

Komentar