6 Tips Jitu Agar Kamu Sukses dalam Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai

access_time | label Tips & Trik
6 Tips Jitu Agar Kamu Sukses dalam Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai

6 Tips Jitu Agar Kamu Sukses dalam Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai

 

Kebanyakan orang berpikiran bahwa bekerja yang sesuai dengan passionnya akan mengantarkannya pada kesuksesan. Benar. Apapun yang kita lakukan atas dasar cinta dan suka memang akan lebih mudah menyelesaikannya, bukan?

Nah, bagaimana jika sebagian dari kamu saat ini sedang menggeluti pekerjaan yang tidak kamu sukai? Entah itu karena bidangnya tidak sesuai dengan yang kamu tekuni, rekan kerja yang tidak bisa diajak diskusi, gaji yang tidak sesuai dengan ekspektasi, atau bahkan atasan yang terlalu bossy.

Kamu bahkan merasakan bangun pagi untuk bersiap-siap ke kantor adalah hal yang paling berat untuk dilakukan. Kamu berpikir bahwa hidup kamu tidak ada perkembangannya sama sekali. Teman-temanmu mungkin akan mengusulkan kamu untuk resign. Tapi bagaimana jika kamu tidak boleh berhenti kerja  sebelum memenuhi masa tertentu sesuai dengan kontrak?

Nah, kamu bisa lakukan 6 tips berikut agar kamu bisa sukses walaupun dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai.

  • 1. Ubah pemikiranmu bahwa bekerja itu tidak selamanya tentang uang

Kamu bisa jadi tidak suka dengan pekerjaanmu, tapi kamu pasti akan sangat mencintai hari gajian. Besar nominal gajimu tidak akan menjamin bahwa kamu akan sukses dalam pekerjaan yang kamu geluti sekarang apalagi pekerjaan yang tidak kamu suka.

Coba ubah fokusmu dari bekerja hanya menunggu hari gajian menjadi fokus pada pengembangan diri. Tentukan target baru setiap harinya agar kamu punya banyak waktu untuk lebih produktif ketimbang mengutuk pekerjaan yang tidak kamu sukai itu. Tanyakan pada dirimu apa yang harus kamu capai hari ini. Misal, berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan tepat waktu atau berapa orang yang akan kamu sapa hari ini.

  • 2. Ingatkan dirimu untuk terus belajar

Hanya karena menggeluti pekerjaan yang tidak kamu suka bukan berarti kamu tidak bisa belajar. Belajarlah sesuatu yang penting untuk kesuksesan karir mu seperti manajemen waktu, kemampuan kepemimpinan, kemampuan komunikasi interpersonal, dan lain-lain. Carilah kesempatan untuk terus belajar. Pasti ada pembelajaran dari hal sekecil apapun yang terjadi disekitar kamu.

  • 3. Beri waktu untuk dirimu sendiri untuk menerima semuanya

Segala sesuatu yang dijalani memang butuh proses. Pada awalnya kamu memang tidak menyukai pekerjaanmu. Namun, lama kelamaan jika kamu terus belajar memahami, kamu juga akan sukses suatu hari dengan pekerjaan yang kamu jalani itu. Nikmati saja perasaan ‘ketidaksukaan’ itu, jangan diabaikan. Hanya saja kamu harus tetap membuka diri menerima semuanya cepat atau lambat. Apakah kamu mau selamanya menyalahkan keadaan dan mencari kambing hitam? Berhentilah mengeluh.

  • 4. Berteman dengan orang-orang bijak dan berpengalaman

Orang-orang bijak ini selalu dapat melihat kebaikan dari segi manapun. Bertemanlah dengan orang-orang yang akan membuatmu berpikiran positif setiap waktu. Mintalah saran dari mereka yang lebih berpengalaman tentang apa yang harus kamu lakukan agar bisa menghasilkan sesuatu dalam pekerjaan yang tidak kamu sukai. Ikuti saran-saran mereka agar performa kerjamu meningkat.

  • 5. Baca buku tentang orang sukses

Membaca buku tentang orang yang sukses akan membantumu menentukan sikap apa yang harus kamu ambil. Tidak sedikit orang yang sukses bahkan pada mulanya memilih jalan hidup yang salah. Belajarlah dari kisah mereka. Tentukan langkah mana yang sesuai untuk kamu ikuti. Yakinkan dirimu bahwa sukses bisa menghampiri kapan saja dimana saja asalkan kamu komitmen untuk meraihnya.

  • 6. Tidak perfeksionis adalah bukan suatu kesalahan

Tidak ada yang sempurna. Lakukan saja pekerjaan sebaik mungkin dengan kemampuan yang kamu miliki. Bekerja adalah proses belajar. Jadi tidak ada yang salah jika kamu mengerjakan sesuatu jauh dari kata sempurna. Menjadi perfeksionis hanya akan menambah beban dan bisa jadi kamu tidak akan menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu.

Tags

Penulis

foto jafar
jafar

Artikel Terkait

Share

Komentar