Logo Eventkampus

Manfaatkan Mentimun

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaatkan Mentimun

Mentimun atau ketimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang banyak sehingga bagus untuk kesehatan. Menurut USDA, satu mentimun berukuran sedang mengandung 194 gram air. 

Dilansir dari Health, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi mentimun secara rutin.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Nutrisi utama dalam mentimun adalah vitamin K, yang merupakan kunci untuk kesehatan tulang. Satu cangkir mentimun utuh dapat memenuhi lebih dari 20 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin K. Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang, dan beberapa penelitian menemukan bahwa kadar vitamin K yang rendah berkaitan dengan osteoporosis. 

2. Baik untuk menjaga berat badan

Mentimun juga dapat membantu menurunkan berat badan. Mentimun memang rendah kalori, tetapi mengandung serat dan cairan. Satu mentimun berukuran sedang memiliki kandungan seperempat kalori yang setara dengan apel berukuran sedang. Dari 4 gram total karbohidrat dalam mentimun, satu setengahnya merupakan serat.

3. Menurunkan risiko kanker

Bersama dengan flaxseed, wijen, kale, brokoli, kubis, stroberi, aprikot, dan makanan nabati lainnya, mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan. Bakteri di saluran pencernaan mengubah lignan menjadi senyawa yang mengikat reseptor estrogen. Beberapa penelitian menunjukkan mereka dapat melindungi tubuh dari kanker yang berkaitan dengan estrogen, termasuk kanker payudara, ovarium, rahim, dan prostat.

4. Menghaluskan kulit

Kandungan utama pada mentimun adalah air, vitamin C, dan asam caffeic, bahan kimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut memicu efek menenangkan pada kulit, dan mengurangi iritasi kulit dan juga pembengkakan. 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

LET’S BRING ELVIS BACK WITH CEPLUS ROCKABILLY
22 Desember 2017
manfaat kacang panjang
12 Januari 2018
Keakraban CR7 dan Palestina
19 Januari 2018
Perjalan GAPASUKMA MT_LAWU 3265 MDPL Via Candi Cheto
19 Januari 2018
LRT Karya Anak Bangsa Dikerjakan, BPPT Beri Dukungan Teknologi
22 Januari 2018

Komentar