Logo Eventkampus

Tips Belanja Sepatu Online Agar Tak Salah dalam Membeli

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Belanja Sepatu Online Agar Tak Salah dalam Membeli

Siapa sih yang nggak suka belanja online? Proses belanjanya yang praktis nggak perlu bikin kita repot-repot harus ke tokonya. Cukup dengan memilih via online, kita bisa berbelanja dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Tapi sayangnya, nggak semua barang yang kamu beli sesuai dengan yang kamu mau. Pasti ada aja deh kesalahannya, entah bahannya atau ukuran sepatunya.

Nah supaya nggak salah lagi dalam memilih, simak tips berbelanja sepatu online ini yuk!

1. Pastikan ukuran kaki

Dalam membeli sepatu apalagi via online tentu kamu harus mengamati bahwa ada label pengukuran yang biasanya sudah disesuaikan dengan standar beberapa negara. Yang paling sering diperhatikan pasti ukuran Eropa (EU) dan Amerika (US). Nah saat membeli sepatu, kamu harus tahu berapa ukuran kaki kamu di standar Eropa ataupun di Amerika.

Ingat pula beda brand pasti berbeda ukuran sepatu. Kalau biasanya di brand A kamu membeli sepatu ukuran 38, di brand B ukuran sepatu kamu bisa lebih besar ataupun sebaliknya. Jadi pastikan pengukuran kaki kamu dengan benar ya.

2. Pilih online shop yang gambarnya bisa di zoom

tuk melihat detail keseluruhan sepatu yang akan kamu beli, baiknya pilihlah online shop yang gambar produknya bisa di zoom. Selain itu, lebih baik lagi kalau terdapat foto produk dari berbagai angle. Ini bertujuan agar kamu bisa meneliti detail sepatu, bahan, warna hingga tekstur.

 

3. Lihat feedback dari pembeli lain

Cara gampang untuk mengetahui apakah barang tersebut memuaskan sesuai gambar dan harganya, carilah feedback dari costumer lain yang sudah membelinya. Biasanya kalau mereka memiliki masalah atau ada ketidakpuasan dengan produk yang telah dibeli, mereka akan menuliskan complain di kolom komentar produk tersebut.

Sebelum membeli amati dengan detail feedback dari customer lain sebelum membeli sepatu yang kamu inginkan. Selain itu ini juga bisa membantumu mencari tahu online shop terbaik tanpa harus kena tipu.

4. Pilih sepatu yang ingin dibeli dengan harga terjangkau

Kalau kamu membeli sepatu via online tentu kamu akan mendapatkan keuntungan bahwa sepatu tersebut belum pernah dicoba oleh customer lain dan nggak hanya itu saja, kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung di tokonya.

Sepatunya pun lebih lengkap dibandingkan dengan toko sebenarnya, misal dalam pemilihan warna. Maka kamu bisa memilih sepatu dengan harga yang terjangkau sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tapi ingat, kamu tetap harus teliti dalam memilihnya. Jangan lupakan komentar dari para pembeli lain yang sudah membelinya.

5. Baca dengan teliti aturan return policy

Jangan lupa dengan return policy  dalam online butik tersebut. Sebelum membeli, baca baik-baik seperti apa. Pastikan mereka mempunyai aturan full refund atau pengembalian barang yang nggak ribet buat kamu nnatinya. Lebih bagus lagi carilah onlinebutik yang mempunyai aturan di mana mereka bisa mengganti barang secara gratis.

6. Jangan malu untuk bertanya

Biasanya setiap online shop memiliki customer service yang bisa kamu tanyakan berbagai hal. Nah, untuk meminimalisasi kesalahan dalam membeli sepatu, biasakan kamu berkonsultasi dan bertanya pada customer service tersebut soal ukuran kaki kamu.

Kamu bisa bertanya seperti ini, “Saya biasanya pakai sepatu A ukuran xx, apakah kalau beli sepatu xx ukuran kaki saya akan sama juga?”. Jadikan salah satu brand sepatu terkenal sebagai acuanmu, siapa tahu customer service tersebut juga menggunakan sepatu yang kamu sebutkan dan mengetahui acuan pengukuran brand sepatu yang kamu mau.

7. Perhatikan opsi pengiriman yang ditawarkan

Kalau kamu membeli sepatu dari onlie shop yang bukan berbasis Indonesia, kamu harus benar-benar teliti membaca ketentuan dari proses pengiriman mereka. Kurir apa yang mereka gunakan untuk mengirmkan barang dan apakah kamu harus membayar ekstra, lalu pilihan apa saja yang bisa kamu pilih untuk mengirim barang kamu. Contohnya, one day delivery yang biasanya kamu harus membayar lebih mahal, ada juga 2-3 hari kerja dan yang biasanya gratis antara 5-7 hari kerja.

Tapi, kebanyakan online shop tidak memberikan opsi seperti itu. Mayoritas mereka sudah menentukan opsinya, yaitu kamu harus membayar ongkos kirim untuk kurir pengiriman. Yakinkan kamu nggak perlu membayar pajak tambahan saat barangmu datang nanti, dan pastikan juga barang kamu datang dengan aman.

Kalau barangmu dikirim dari wilayah Indonesia, kamu harus pastikan kurir apa yang mereka pakai dan pilihan yang tersedia, berapa ongkos kirim yang harus kamu bayarkan. Pokoknya kamu harus benar-benar detail mengeceknya agar tidak terjadi kesalahan setelahnya. Dan ingat, jangan lupa kamu harus menyimpan struk pembayaran untuk berjaga-jaga jika barang yang datang tidak sesuai denganmu.

 

Penulis

foto nova
nova

Artikel Terkait

Kenapa moba kok analog…???
08 Maret 2018
Tips Memancing Ikan Di Sungai
09 Maret 2018
Apakah Kacamata Anti Radiasi Komputer Efektif untuk Melindungi Mata?
12 Maret 2018
Jangan Salah, Kebiasaan 'Alay' Ini Bisa Jadi Kunci Kesuksesanmu
12 Maret 2018
Bagaimana Hukum Bermain Mobile Legend menurut islam?
14 Maret 2018

Komentar