Logo Eventkampus

5 Cara Jitu untuk Mengatasi Stress Kuliah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
5 Cara Jitu untuk Mengatasi Stress Kuliah

1. Kalau memang harus bolos kelas, rancang dulu sebuah rencana sebelumnya.

Pastikan kamu minta tolong temanmu mencatat catatan hari itu baik-baik dan kamu dapat meminjamnya nanti. Lalu pastikan juga waktu yang ada dari membolos kelas itu kamu pakai sebaik-baiknya.

2. Terima keadaan bahwa kamu suka kerja di dekat deadline.

Mungkin kamu tipe orang dapat bekerja lebih baik saat berada di bawah tekanan. Daripada memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu lebih cepat, mungkin ada baiknya jika kamu membiarkan dirimu mengerjakannya saat sudah dekat deadline.

3. Gonta-ganti tempat belajar agar tidak bosan.

Tahukah kamu, kalau kamu suntuk waktu belajar, berpindah tempat atau posisi dapat memberi semangat baru bagi otak dan tubuh kita. Bila perlu belajarlah di luar, di tempat yang udaranya segar dan cuaca saat sedang cerah.

4. Beristirahatlah saat kamu terlalu stress dalam mengerjakan sesuatu.

Hal yang kreatif tidak bisa muncul dari keadaan otak yang tertekan. Kalau memang sudah mentok, ya sudah istirahat saja dulu. Pemaksaan bukan jalan keluar terbaik, tapi bukan juga berarti kita jadi malas lho.

5. Berhentilah begadang.

Mungkin kamu merasa, dengan begadang, tugas-tugas dapat terselesaikan. Tapi kalau kamu begadang, besok harinya kamu akan merasa capai seharian dan tidak bisa fokus pada kegiatan sekolah hari itu. Lebih baik kamu bangun pagi-pagi dan mengerjakannya daripada tidur malam-malam. Dan hati-hati, begadang juga mengganggu kesehatan tubuh.

Kamu nggak harus selalu kuat. Kamu nggak harus selalu bisa. Namanya manusia, kamu bisa lelah dan stress. Jangan jadi makin stress karenanya. Cobalah cara-cara di atas dan berusahalah menang dari stress-mu. Selamat berjuang!

Penulis

foto Alamsyah
Alamsyah
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar