Logo Eventkampus

7 Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur!1Mengapa???

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
7 Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur!1Mengapa???

Berikut ini beberapa dampak buruk dari kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum pergi tidur :

1. Menambah Berat Badan

Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu anda ingat, bahwa setiap makanan dan camilan yang masuk ke dalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Ketika makanan yang mengandung kalori tinggi masuk ke dalam tubuh, namun tidak ada aktivitas yang dilakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Kalori yang tidak terbakar ini, yang kemudian menjadi lemak, akan sangat mempengaruhi kondisi berat badan. Bisa dipastikan berat badan akan meningkat secara drastis apabila mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum tidur.

2. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit lanjutan dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi karena gaya hidup tidak sehat ini.

3. Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor-faktor lainnya.

Dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur, akan meningkatkan lemak dalam tubuh dan memungkinkan anda untuk mengalami serangan jantung.

4. Mempengaruhi Pola dan Kualitas Tidur

Pola tidur dan kualitas tidur anda pasti akan ikut terpengaruh, apabila memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau mengkonsumsi camilan pada malam hari sebelum pergi tidur. Sama seperti penjelasan sebelumnya, jenis makanan apapun pasti mengandung kalori.

Kalori merupakan suatu bahan bakar yang diperlukan tubuh, sehingga tidak bisa membuatnya cepat tidur dan pasti akan terjaga sejenak. Hal ini karena makanan yang mengenyangkan akan memberi stimulus untuk melakukan suatu pekerjaan, bukannya tidur. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas tidur, sehingga membuatnya sulit bangun keesokan harinya.

5. Acid Reflux

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. Hal ini disebabkan ketika langsung berbaring dan berusaha untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

Ketika mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung akan keluar dan bekerja. Namun ketika langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan ketika bangun keesokan harinya.

6. Heart Burn

Heart burn memeiliki penyebab mirip dan sama dengan penyebab acid reflux. Kondisi heart burn terjadi ketika merasakan rasa panas dan tidak nyaman pada bagian dada setelah mengkonsumsi makanan pada malam hari sebelum pergi tidur. Hal ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda. Namun demikian, kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

7. GERD ( Gasteophageal Reflux )

GERD atau Gasteophageal Reflux merpakan suatu gejala lanjutan yang terjadi karena timbulnya Heart Burn. Apabila merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan pada malam hari sebelum anda tidur, maka anda harus memeriksakannya ke dokter. Ada kemungkinan tubuh menderita GERD atau Gasteophageal Reflux tersebut.

Beberapa bahaya makan pada malam hari ini, sebenarnya bisa dijauhi. Apabila terasa lapar pada malam hari, cobalah untuk mengkonsumsi makanan atau camilan yang rendah kalori dan tinggi serat serta vitamin, agar tubuh dapat menyerap vitamin dan mineral tersebut pada saat tidur, bukannya malah menimbunnya menjadi lemak.

Sebenarnya banyak kasus mengenai masalah makanan ini, seperti melewatkan sarapan, makan makanan cepat saji termasuk makan di malam hari ini. Banyak faktor yang menyebabkan perilaku makan sebelum tidur ini, seperti kurangnya nutrisi selama jangka waktu pagi hingga sore hari, sehingga tubuh merasakan lapar yang sangat mengganggu pada saat anda ingin pergi tidur di malam hari.

Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat saat sore hari, jauh sebelum jam tidur. Makan makanan kaya serat, akan menahan rasa lapar di malam harinya.

Penulis

foto Alamsyah
Alamsyah
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar