Logo Eventkampus

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Usia Muda

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Usia Muda

Memang kemungkinan kolesterol tinggi biasanya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut, namun bukan berarti kamu yang masih muda bisa tenang begitu saja. Pasalnya, banyak juga yang mengalami kolesterol tinggi padahal masih berusia 20-an. Karena itu, kamu yang berusia muda juga harus mulai waspada. Lebih baik mencegah daripada harus susah-susah menerapkan cara menurunkan kolesterol tinggi nanti. Sebenarnya kenapa sih kadar kolesterol bisa tinggi meskipun masih muda? Yuk, intip beberapa kemungkinan penyebabnya di bawah ini!


  • Pola Makan Kurang Sehat

Biasanya tempat-tempat makan yang sedang ngetren lebih sering dikunjungi oleh pengunjung yang masih berusia muda, bukan? Meskipun terlihat enak, namun beberapa makanan bisa saja mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi. Misalnya seperti kuning telur, margarin, susu sapi, cumi-cumi, makanan berminyak, dan masih banyak lagi. Sebenarnya tidak apa-apa kalau hanya sesekali makan-makanan tersebut tapi kalau terlalu sering, jangan heran kalau kadar kolesterolmu meningkat drastis.

  • Merokok

Bagi sebagian anak muda, rasanya tak lengkap kalau nongkrong belum ditemani dengan rokok dan alkohol. Padahal, penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan malah menaikkan kadar kolesterol jahat.

  • Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Selain itu, tingginya kadar kolesterol bisa juga disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Sekarang ini semuanya dituntut untuk serba praktis dan cepat. Orang-orang pun lebih memilih untuk menggunakan kendaraan bermotor ketimbang harus jalan kaki. Istilah “mager” alias males gerak juga populer di kalangan anak muda. Karena mager, banyak orang berusia muda yang lebih menghabiskan waktu luangnya untuk tidur-tiduran, menonton tv, atau browsing di internet daripada harus berolahraga.

  • Kelebihan Berat Badan

Kurangnya aktivitas fisik akhirnya bisa mengakibatkan penaikan berat badan yang cukup signifikan. Berat badan yang berlebih perlu diwaspadai karena tubuh bisa terancam oleh bahaya lemak dan kadar kolesterol yang tinggi. Karena itu, selalu perhatikan berat badanmu dan lakukan diet yang sehat.

Nah, jika kamu merasa masih melakukan beberapa hal yang meningkatkan kadar kolesterol seperti di atas, segeralah ubah gaya hidup menjadi lebih sehat ya!

Penulis

foto Rizky Mahendra Giri Kuncoro
Rizky Mahendra Giri Kuncoro

Komentar