Logo Eventkampus

Khasiat dan Manfaat Air Putih untuk Otak

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Khasiat dan Manfaat Air Putih untuk Otak

Tidak sedikit di antara kita masih menganggap air putih hanya sebagai penghilang haus saja. Lebih dari itu, ternyata air putih bisa menjadi obat batu ginjal hingga mampu meningkatkan fungsi otak

ada beberapa manfaat air untuk otak kita :


1. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak kita sangat terpengaruhi oleh status dehidrasi

Studi menunjukan dehidrasi ringan (1,3% dari berat badan) dapat merusak banyak aspek fungsi otak.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita muda, kehilangan cairan 1,36% setelah berolahraga menunjukkan terganggunya suasana hati dan konsentrasi


2. Mencegah dan  Mengobati Sakit Kepala

dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. beberapa penelitian menunjukan bahwa air dapat meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidrasi.

meskipun begitu, hal ini tergantung dengan jenis sakit kepala yang diderita.


3. Keseimbangan Mood dan Emosi

Ini seperti saat kita melihat laut, merasakan deburan ombaknya, dan menghirup udara segar. Ini membuat kita rileks. Emosi juga bisa menjadi lebih tenang dengan meminum air putih.

Hal ini karena suhu otak akan meningkat dan menyingkirkan racun serta sel-sel mati. Ini juga membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan kembali proses mental.


4. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Selain bangun tidur, minum air putih sebelum tidur ternyata juga bermanfaat, walaupun hanya setengah gelas. Air putih meningkatkan aliran darah ke otak. Ini meningkatkan oksigenasi dan hidrasi otak, serta menenangkan dapat membuat diri kita tenang.


5. Bekerja Lebih Cepat

Untuk bisa bekerja dengan benar, otak butuh cairan dengan jumlah yang tepat. Sel-sel di organ membutuhkan keseimbangan yang tepat antara air dan elemen lainnya.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan minum air putih setelah bangun tidur. Ini adalah waktu di mana sel otak butuh cairan yang hanya bisa didapatkan dari air.

Minum segelas air di pagi hari akan membersihkan usus besar, membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh, dan memperbaiki fungsi ginjal.


6. Ingatan Membaik Jika Minum Air Putih di Siang Hari

Ketika dehidrasi, akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan disfungsi. Salah satunya adalah berkurangnya ketangkasan kognitif. Ini membuat kita kesulitan mengingat sesuatu.

Karena itulah, paling tidak minum 8 gelas sehari untuk membuat kita tidak dehidrasi.

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Artikel Terkait

5 Manfaat Tak Terduga Minum Air
23 Juli 2018

Komentar