Logo Eventkampus

Manfaat Daun Kelor yang Jarang Kita Ketahui

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Kelor yang Jarang Kita Ketahui

Banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat daun kelor.Daun kelor memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai media mengusir makhluk tak kasat mata dan banyak juga khasiat untuk kesehatan.kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat,berumur panjang,berbunga sepanjang tahun dan tahan kondisi panas ekstrim.Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan.Daun Kelor biasanya diolah menjadi makanan dan obat, Biji kelor biasanya digunakan untuk penjernih air.Tanaman kelor memiliki ketinggian 7-11 meter,berwarna putih kotor,daun nya kecil,bertangkai panjang,tersusun berseling.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor,karena manfaat daun kelor sangat banyak, yaitu:


      1. Meringankan Nyeri Haid

Menurut penelitian yang dilansir Boldsky,daun kelor menagndung bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

2.  Mengatasi Diabetes

Asam Klorogenik yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk menstabilkan gula darah.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat daun kelor yang tak bisa diabaikan adalah membantu menjaga kestabilan ginjal.Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa dicegah Mdengan daun kelor.

4. Mencegah Kanker

Menurut artikel yang dilansir Healthline,Penelitian membuktikan bahwa kandungan isotiosianat pada daun kelor membantu mengatasi dan mencegah inflamasi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor bermanfaat menangkal kolesterol jahat dan inflamasi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Daun kelor mengandung Quercetin,antioksidan kuat yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

7. Menyehatkan Mata

Daun kelor memiliki kandungan Vitamin A yang cukup banyak. Faktanya ddalam 100g daun kelor mengandung 3390 SI Vitamin A.

8. Gizi untuk Ibu Menyusui

Daun kelor mengandung Zat Besi yang cukup banyak yang bail untuk ibu menyusui dan dapat membantu memulihkan gejala kurang darah.

9. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat daun kelor bagi kesehatan pencernaan memiliki kaitan erat dengan fungsi daun kelor sebagai anti-inflamasi. Jika mengkonsumsi daun kelor secara rutin,pencernaan akan semakin membaik dan gejala penyakit maag dapat membaik secara signifikan.

10. Menjaga Fungsi Otak

Daun kelor memiliki fungsi sebagai neurotransmitter dan senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis.Artinya, mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan memperkecil kemungkinan seseorang mengalami depresi atau hal-hal buruk terkait dengan kondisi mood dan psikis.

11.Mengobati Cacingan

Obat tradisional mengobati cacingan dari daun kelor dengan cara merebus daun kelor bersamaan dengan daun cabai dan meniran.Air hasil rebusan tersebut diminumkan pada anak yang menderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing,terutama cacing kremi dan cacing pita.

12. Melembabkan Bibir

Daun kelor juga berfungsi melembabkan bibir dengan cara menggosok-gosok daun kelor muda yang sudah ditumbuk pada bibir dan diamkan selama 5 menit.

Daun kelor tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan bahan kimia dikhawatirrkan dapat menyebabkan komplikasi dan keguguran.

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar