Khasiat Teh Hitam Bagi Kesehatan serta Efek Samping yang Ditimbulkan

access_time | label Lainnya
Khasiat Teh Hitam Bagi Kesehatan serta Efek Samping yang Ditimbulkan

Tentu saja kita tidak asing dengan Teh karna setiap hari atau setiap saatnya kita meminumnya. Teh memiliki ragam jenis salah satunya ialah teh hitam. Apakah teh hitam itu? Apa manfaatnya? Bagaimana dengan efek sampingnya?

Daun Camellia Sinensi jenis dari teh hitam ini. Teh hitam berbeda dari teh teh umumnya, karena the hitam melalui proses oksidasi sempurna untuk mengubah hijaunya daun camellia sinensi menjadi hitam kecoklatan. Oksidasi adalah suatu proses pengeringan daun yang dikeringkan hingga kelembaban terangkat. Inilah membuat harga the hitam lebih mahal daripada teh teh lainnya.

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

1.       Menurunkan resiko serangan jantung

Kandungan antioksidan didalam teh hitam yang dapat mencegah kolestrol jahat, jadi tidak menyumbat aliran darah dari ke arteri. Minum teh hitam dapat mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

2.       Menyangkal Radikal bebas

Pada dasarnya radikal bebas dapat menyebabkan gumpalan darah, aterosklerosis, dan sel kanker. Teh hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung polifenol sebagai antioksidan yang membantu sel tubuh yang kerusakan akibat radikal bebas.

3.       Melacarkan Proses Pencernaan

The hitam mengandung tannin yang bermanfaat untyk melacarkan pencernaan, terutama melawan berbagai macam penyakit usus dan lambung. Minum teh juga dapat menurunkan resiko peradangan usu dan batu ginjal.

4.       Meningkatkan energi dan membuat kamu lebih Awas

Teh hitam mengandung Kafein dan juga mengandung sedikit zat stimulan atau yang disebut teofillin. Dua kandungan tersebut meningkatkankerja jantung dan membuat Kamu semakin Awas.

 

Efek Samping yang Ditimbulkan Teh Hitam

Pastinya Teh hitam aman untuk dikonsumsi. Tetapi bila terlalu banyak mengonsumsi 4 – 5 gelas teh hitam perhari berisiko menganggu kesehatan tubuh.

Ada beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh teh hitam yaitu :

1.       Sakit Kepala

2.       Jantung berdebar – debar

3.       Nafas berubah menjadi cepat

4.       Muntah

5.       Mual

6.       Susah tidur

7.       Gelisah

8.       Sering Buang Air kecil ( Beser)

Menyajikan Teh Hitam dengan Tepat

Secara umum teh hitam dinikmati dengan diseduh dengan air mendidih. Tetapi, bila teh dibiarkan terlalu lama di dalam air panas, teh akan mengeluarkan zat tannin yang memberikan rasa pahit. Bila Kamu tidak suka dengan rasa pahit teh hitam, Kamu dapat meminum teh hitam dengan perasan lemon atau susu dan madu sebagai pemanis.

Untuk mengambil manfaat dari teh hitam, jangan terlau banyak konsumsi teh hitam yang berlebihan. Bila Kamu ada suatu penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan dokter, konsultasikan pada dokter untuk mengenai asupan teh hitam untuk menghindari risiko yang berpotensi menganggu kesehatan Kamu.

Tags

Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Share

Komentar