Logo Eventkampus

Tips Lulus SBMPTN

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Lulus SBMPTN

Tips Lulus SBMPTN

Untuk bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang tidak mudah. Kita harus bersaing ketat untuk bisa melanjutkan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru menggunakan pola ujian tertulis secara Nasional yang selamaini telah menunjukkan banyak keuntungan dan keunggulan bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional.

SBMPTN sudah dilakukan dari penyelenggara melalui ujian tertulis (SNMPTN) pada tahun 2008. Ujian tulis SBMPTN ini nantinya terdiri dari Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dari setiap tahun, hanya ada sekitar 15-17% saja peserta yang lolos SBMPTN. Artinya persaingan SBMPTN setiap tahun semakin ketat dan hanya yang terseleksi secara ketat ini yang nantinya di terima di Perguruan Tinggi Negeri(PTN) impian mereka.

Ada beberapa tips agar bisa lolos seleksi SBMPTN. mau tahu tips agar bisa lulus seleksi SBMPTN? simak rangkuman berikut.

           1.Mendaftar di situs SBMPTN resmi

Langkah awal yang harus dilakukan ialah melakukan pendaftaran di situs SBMPTN resmi. Syarat yang harus dipenuhi saat mendaftar setidaknya harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dan ijazah.

2.Urutkan pilihan jurusan sesuai peringkat atau minat

Kamu harus mempunyai strategi dalam memilih jurusan. Jangan sampai kalian gagal hanya karena salah memilih jurusan. Faktor lain yang harus di perhitungkan ialah tingkat passing grade dan peringkat universitas tersebut.

3. Usahakan ketiga pilihan berada dalam jurusan yang sama

Saat memilih jurusan, usahakan mencantumkan jurusan yang sama dalam universitas yang berbeda. Maka, peluang untuk lolos SBMPTN semakin besar.

4.Pilih jurusan sesuai minat dan bakat

Jurusan yang dipilihh harus sesuai dengan minat dan bakat, Jangan hanya menilai dari prospek kerja maupun gaji saat lulus kuliah.

5.Ikuti try out SBMPTN

Banyak media-media yang menawarkan tryout SBMPTN untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal ini perlu karena untuk mengukur kemampuan dalam mengerjakan soal dan menentukan tingkat kelolosan peserta melalui beberapa kali tryout.

6.Mempersiapkan fisik dan menjaga kesehatan

Pelaksanaan UTBK tentunya membuatmu harus bisa tahan di depan layar komputer. Oleh karena itu, kalian harus menjaga fisik dan kesehatan salah satunya dengan cara istirahat yang cukup.

7.Belajar dengan sungguh-sungguh

Jika sudah niat untuk masuk PTN favorit maka nantinya kamu akan belajar dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika kamu ingin masuk jurungan favorit tentunya saingannya banyak dan sulit.

8.Mengatur jadwal belajar

Bagi yang masih terlalu namyak main dan kluyuran sebaiknya sudahi itu, belajar mulai dari sekarang.  Ingat, saingan SBMPTN dari seluruh Indonesia.

9.Latihan soal-soal

Tak ada salahnya untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN sebelumnya dan pelajari. Karena, soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Pelajari soal dari level terendah hingga level sulit.

10.Memahami rumus bukan sekedar menghafal

              Jadi, rumus itu di pahami bukan hanya sekedar di hafalkan. Dengan memahami rumus kalian tidak pusing jika pembuat soal mengutak atik soal.

              11.Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta restu orang tua

              Selain berusaha kalian juga perlu berdoa meminta kemudahan, supaya diberi kelancaran   SBMPTN. Jangan lupa juga untuk meminta restu dari orang tua agar diberi kelancaran.

Jika gagal atau tidak lulus SMBPTN jangan pesimis, coba di tahun yang akan datang dan berusaha lebih lagi. Karena kegagalan bukanlah awal keterpurukan melainkan pengingat agar kita bisa berusaha dan belajar lebih giat lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan untuk teman-teman yang ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi dengan jalur SBMPTN semoga sukses selalu.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

 

                                                                             

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar