Logo Eventkampus

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Tata surya dengan berbagai macam aktivitas didalamnya terkadang akan mengundang bahaya pada benda langit termasuk planet. Oleh karena itu planet yang ada di tata surya mempunyai perlindungan masing masing, termasuk Bumi. Bumi mempunyai lapisan yang menyelimutinya dan berfungsi untuk melindungi bumi dari berbagai macam aktivitas benda langit. Lapisan yang menyelimuti bumi tersebut disebut dengan lapisan atmosfer. Lapisan atmosfer ini berupa lapisan udara yang dapat melindungi bumi baik dari sinar matahari yang membahayakan maupun jatuhnya benda benda langit. Didalam lapisan atmosfer ini kita dapat menemukan adanya satu lapisan yang sangat penting bagi bumi. Lapisan ini disebut lapisan ozon.

 

Apa itu Lapisan Ozon?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa lapisan ozon merupakan lapisan yang sangat berguna bagi bumi. Lapisan ozon adalah salah satu lapisan yang berada di lapisan lapisan atmosfer. Lapisan ozon ini beada di lapisan atmosfer. Nama lapisan ozon pasti sering kali kita dengar, terlebih diakhir akhir ini, saat dimana berita mengenai pemanasan global.

Lapisan ozon dikatakan sangat penting karena mempunyai fungsi penting menghalangi sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, selain itu lapisan ozon juga berfungsi mengatur jumlah atau posri sinar ultraviolet yang masuk ke bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga suhu bumi agar tetap stabil, melindungi permukaan bumi dari benda benda langit yang jatuh.

 

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

Setelah kita mengetahui apa itu lapisan atmosfer dan lapisan ozon. Beberapa aktivitas yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon antara lain:

  1. Penggunaan Kendaraan yang Terlalu Banyak

Kendaraan sebagai alat transportasi akan menimbulkan asap sebagai bahan penyabab polusi udara. Asap asap kendaraan akan menyumbangkan polusi udara yang mengandung berbagai macam gas merugikan yang akan menyebabkan penipisan lapisan ozon. Asap asap kendaraan tersebut akan naik ke atas hingga menyebabkan memanasnya suhu bumi. Hal ini lama kelamaan akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

  1. Penggundulan Hutan

Ketika hutan hutan digundul maka proses penetralisasi udara akan sulit dilakukan. Selain itu produksi karbon akan sulit dikendalikan, hal itu akan menyebabkan cepatnya proses penipisan lapisan ozon.

  1. Banyak Asap Pabrik

Asap pabrik juga mengandung gas gas berbahaya yang menyebabkan suhu bumi memanas dan akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon

  1. Bahan Bahan Rumah tangga yang Mengandung Zat Berbahaya

Bahan bahan rumah tangga yang banyak mengandung zat zat kimia. Bahan bahan kimia ini akan menyumbang pencemar bagi udara yang pada akhirnya akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

 

  1. Penggunaan Pestisida yang Berlebihan

Pestisida adalah cairan pembasmi hama yang biasa digunakan dalam pertanian. Pestisida mengandung bahan kimia yang akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon.

 

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Komentar