Logo Eventkampus

Tips menebalkan rambut tipis pada pria

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips menebalkan rambut tipis pada pria

Rambut sehat adalah rambut yang bebas dari gatal, ketombe, rambut bercabang, dan kerontokan, terlepas dari bentuk, warna, tekstur, dan ketebalannya. Sayangnya, tak sedikit orang yang mengalami kerontokan rambut dan masalah ini jadi lebih merepotkan bagi orang yang sejak awal memiliki rambut jarang dan tipis. Pasalnya, kondisi ini bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Banyak pria yang mengalami penipisan rambut bahkan kebotakan membuat dirinya tidak percaya diri dan menggunakan segala cara untuk menutupi kebotakan tersebut. Namun, jangan khawatir. ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan rambut yang tersisa.

Simak penjelasan tentang menebalkan rambut yang tipis dibawah ini :

 

1.      Cara mencuci rambut

Banyak pria khawatir ketika semakin mereka mencuci rambut, semakin banyak mereka kehilangan rambut, tetapi pada kenyataannya mencuci rambut benar-benar menebalkan rambut karena dapat menghilangkan kotoran dan minyak. Untuk hasil terbaik gunakan sampo yang biasa digunakan seperti sampo antiketombe pria dan cuci dengan air hangat karena air hangat mengeringkan rambut dan kulit kepala.

2.       Cobalah menyisir menggunakan jari

Menyisir secara konstan dapat membuat rambut tipis terlihat lemas dan rata. Sebagai gantinya, cobalah menata rambut Anda menggunakan jari-jari Anda dan mulai menebalkan rambut Anda sambil menambahkan volume dan tekstur juga.

3.      Cara mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut adalah cara yang baik untuk memberikan rambut halus dan menambah volume, tetapi jangan terlalu panas menggunakan pengering rambut karena bisa merusak protein alami rambut dan membuat rambut rapuh.

4.      Hindari paparan matahari langsung

Membiarkan kepala terlalu terpapar sinar matahari panas dapat menjadi bencana kerontokan rambut. Selain membuat rambut rapuh, kulit yang terbakar menyebabkan kulit kepala menghasilkan senyawa yang disebut superoksida yang dapat menyebabkan folikel rambut beralih dari fase pertumbuhan ke fase kerontokan.

5.      Jangan kasar dalam mengeringkan atau menata rambut

Rambut manusia tiga kali lebih lemah ketika basah dan terlalu disisir atau pengeringan handuk yang kasar dapat merusaknya.Selain itu, juga bisa menyebabkan rambut rontok bahkan kebotakan. Sebagai gantinya, biarkan rambut mengering secara alami atau dengan lembut keringkan dan tata rambut dengan jari-jari Anda untuk memberikannya lebih banyak tekstur.

6.      Konsumsi kedelai

Penelitian baru menunjukkan molekul yang diproduksi di usus ketika kedelai dicerna dapat menghentikan proses botak karena menghambat efek hormon yang memicu kerontokan rambut. Layak dicoba dan jauh lebih baik daripada pengobatan kebotakan lainnya.

7.      Ubah potongan rambut yang lebih baik

Banyak pria mencoba mengatasi kebotakan dengan menumbuhkan rambut mereka. Namun, pada kenyataannya potongan yang lebih pendek selalu lebih menarik. Jadi pilihlah potongan klasik atau yang tidak terstruktur jika Anda masih memiliki rambut untuk dikreasikan. Keduanya akan membuatnya terlihat lebih padat dan menarik perhatian dari kerontokan rambut ke wajah Anda.

8.      Konsumsi vitamin rambut

Konsumsi vitamin rambut dapat membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut lebih cepat. Kandungan seperti biotin, asam pantotenat, vitamin B6 dan Vitamin B12 berkontribusi untuk membuat rambut lebih sehat dan tebal.

 

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar