Logo Eventkampus

Tips Menabung Bagi Pelajar

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Menabung Bagi Pelajar

Kegiatan menabung bagi seorang pelajar mungkin sudah diajarkan di dalam lingkup keluarga. Dalam kesehariannya seorang pelajar rata-rata diberikan uang saku oleh orang tua dengan berbagai macam tujuan. Tujuan orang tua memberikan uang saku bermacam-macam, ada yang memberikan uang saku untuk membeli makanan di kantin ketika beristirahat, ada juga yang memberikan uang saku sebagai uang transportasi atau uang yang diperlukan ketika terjadi masalah pada kendaraan yang kita gunakan selama di perjalanan. Selain mendapatkan uang saku biasanya pelajar juga mendapatkan uang tambahan baik itu dari orang tua, kakek atau nenek serta saudara yang lainnya.

Bagi seorang pelajar, tentu ada keinginan untuk bisa menyisihkan uang saku atau menabung uang yang didapatkannya untuk berbagai macam tujuan, baik itu untuk keperluan pendidikan maupun sekedar untuk bisa menyalurkan suatu hobi. Menabung adalah kebiasaan yang baik dan perlu kita latih sejak dini karena mempunyai banyak manfaat. 

Berikut ini ada beberapa Tips Menabung Bagi Pelajar yang baik:


1. Tentukan Tujuanmu.

Nah langkah pertama sebelum kamu mulai menabung adalah menentukan tujuanmu terlebih dahulu, apakah menabung untuk membeli sebuah handphone? Membeli sebuah gitar atau menabung untuk digunakan untuk tujuan traveling? mengapa hal ini perlu dilakukan? Dengan menentukan tujuan tentu kamu akan mudah termotivasi ketika dalam prosesnya nanti kamu mulai malas atau kehilangan motivasi untuk menabung. Disaat kamu malas, ingatlah tujuan awal ketika kamu mulai menabung dan renungkanlah sejauh mana proses yang telah kamu lalui dan pengorbanan yang telah kamu lakukan.

2. Tentukan Target.

Menentukan target adalah hal yang tidak kalah penting ketika kamu     memutuskan untuk menabung. Dengan target yang jelas kamu akan lebih termotivasi untuk   mengumpulkan uang jajan yang kamu peroleh. Buatlah target sesuai dengan kemampuanmu.   Hanya kamu yang bisa mengukur kemampuan diri sendiri, janganlah membuat target waktu dan   target pencapaian yang sangat memberatkanmu. 

3. Gunakan Celengan.

Hal yang paling sering adalah menyepelekan uang receh. Kebiasaan yang perlu dirubah jika kita mendapatkan uang kembalian yang semula kita taruh sembarangan kini kita masukkan ke dalam celengan atau menyimpannya ke dalam satu wadah. Bila sudah terkumpul banyak maka kamu dapat membagi-baginya ke dalam suatu pecahan. Misalkan menjadikan 1 sepuluh pecahan Rp.500; untuk mendapatkan Rp.5.000; atau menjadikan 20 pecahan Rp5.00 untukmendapatkan Rp.10.000;

4. Bukalah Rekening Tabungan.

Saat ini banyak bank yang memfasilitasi kegiatan menabung dan ditujukan untuk kalangan pelajar. Beberapa tabungan memiliki syarat yang mudah dan proses pembuatan rekening dengan biaya yang sangat terjangkau.

5. Bawa Bekal dari Rumah.

Selain dapat menghemat uang dengan membawa sendiri bekal dari rumah maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Salah satunya adalah kehiegenisan makanan yang kamu konsumsi dapat terjamin. Selain itu kebutuhanmu akan asupan cairan dapat terpenuhi, karena jika membawa air minum sendiri maka mau tidak mau kita akan menghabiskan air yang kita bawa ketika pulang.  Karena jika air minum yang kita bawa tidak habis tas kita akan berat dan capek ketika membawanya diperjalanan pulang.


Itulah Beberapa Tips mudah menabung bagi pelajar, semoga artikel ini bermanfaat...

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar