Manfaat Bermain Game

access_time | label Berita
Manfaat Bermain Game

Manfaat Bermain Game

Bermain game adalah salah satu aktivitas favorit bagi sebagian orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dibalik dampak negatif dari bermain game, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berfikir otak, Yang lebih mencengangkan lagi bahkan games aksi (perang dan kekerasan) dan strategy lebih besar efek positifnya pada perkembangan kemampuan berfikir, kesehatan mental dan kehidupan sosial pada anak. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa bermain video game shooter meningkatkan kapasitas pemain untuk berpikir tentang obyek dalam tiga dimensi, sama seperti program akademik untuk meningkatkan keterampilan yang sama, menurut penelitian ini. Untuk mengetahui lebih banyak dampak positif dari bermain game, mari simak rangkuman berikut ini:

1.       Meningkatkan perhatian visual

Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game tidak hanya dapat membuat seseorang lebih jeli pada lingkungandi sekitarnya, namun juga meningkatkan kemampuan seseorang untuk mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan.

 

2.       Membuat anda dapat mengontrol mimpi

Peneliti memaparkan bahwa seseorang yang bermain game sebenarnya tengah berlatih untuk mengontrol dunia mimpinya. Dalam game, seseorang dapat mengontrol lingkungan mereka, sehingga mereka dapat mengontrol dan mengurangi mimpi buruk mereka dan memberikan kestabian mental dan emosi.

 

3.       Mengasah otak

Pada kenyataanya, bermain game dapat mengasah otak. Hal ini dikarenakan setiap game khususnya game yang memiliki level dan membutuhkan strategi akan mengasuh kemampuan kamu dalam berpikir.

 

4.       Mengisi waktu luang

Kalian dapat mengisi waktu luangmu bermain game, daripada hanya berdiam diri. Apalagi jika kalian sedang berada diperjalanan jauh atau menunggu seseorang misalnya. Jadi, daripada kalian merasa bosan atau tidak ada kerjaan lebih baik menghabiskan waktu dengan bermain game.

 

5.       Melatih kesabaran

Terkadang kamu menemukan game yang membutuhkan strategi. Game seperti ini dapat melatih kesabaranmu.

 

6.       Mengatasi depresi

Bermain game dapat mengatasi depresi yang Anda alami, game mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dapat mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada diri Anda.

 

7.       Meningkatkan keterampilan

Suatu penelitian dari Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game dapat meningkatkan presepsi dan keterampilan seseorang.

 

8.       Menghasilkan uang

Dengan mengikuti kompetisi game yang diadakan, biasanya kompetisi seperti ini menjanjikan hadiah berupa uang tunai yang menggiurkan. Jadi, bermain game tidak selalu hanya membuang-buang uang, namun juga dapat menghasilkan uang.

 

9.       Melatih kerja sama tim

Kini banyak sekali game yang membutuhkan kerja sama tim. Game-game seperti ini baik bagimu untuk meningkatkan kekompakan dengan teman-temanmu.

 

10.   Melatih kemampuan berbahasa inggris

Sebagian besar game-game yang kita mainkan menggunakan bahasa Inggris, hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Jadi, bermain game bisa menjadi salah satu sarana untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris-mu.

Itu tadi beberapa manfaat bermain game. Atur waktu bermain game, dan sampai jumpa di artikel lainnya.

 

 

 

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Share

Komentar