Logo Eventkampus

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Tomat merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Selain mudah didapat, manfaat tomat sangat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi tomat merupakan langkah yang bijak agar Anda mendapatkan manfaatnya yaitu, menjaga kestabilan, kesegaran dan kebugaran tubuh.

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Tomat juga memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, namun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, karotenoid, lutein, gula dan kalium, serta sejumlah besar vitamin B6 dan tiamin.

Berikut beberapa manfaat tomat untuk kesehatan tubuh:

1.       Mencegah infeksi saluran saluran kemih

Tomat sangat tinggi kandungan airnya dan karenanya mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.

 

2.       Memperbaiki sistem pencernaan

Tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga sembelit dan diare. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

 

3.       Melawan peradangan

Untuk menghindari peradangan, Anda harus minum segelas jus tomat setiap hari. Ini membantu secara efektif dalam mengobati peradangan dan karenanya arthritis dan nyeri sendi. Inilah salah satu manfaat makan tomat.

 

4.       Mengurangi depresi

Folat yang ditemukan dalam tomat membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

 

5.       Meningkatkan pengelihatan

Tomat mengandung beta karoten dan vitamin A yang penting untuk menjaga penglihatan dan juga mendukung fungsi retina.

 

6.       Melindungi jantung

Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.

 

7.       Mencegah diabetes

Kandungan serat yang tinggi pada tomat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat membantu dalam mengelola kadar insulin.

 

8.       Bagus untuk kulit

Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

 

9.       Mencegah kanker

Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker.

 

10.   Mengatasi jerawat

Selain kanker, manfaat tomat untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan.

Itulah manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dan cara memilih hingga menggunakan tomat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

 

Sumber: https://doktersehat.com/manfaat-tomat-selain-sebagai-bumbu-dapur/

https://www.liputan6.com/health/read/3134649/9-alasan-kenapa-anda-wajib-makan-tomat-setiap-hari

 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar