Logo Eventkampus

Apa saja sih Manfaat Cuka Apel beserta Efek Sampingnya?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Apa saja sih Manfaat Cuka Apel beserta Efek Sampingnya?

Walaupun cuka apel dibuat dari air apel yang difermentasi menjadi alkohol, cairan ini dipercaya menjadi salah produk perawatan kecantikan. Selain bisa menghilangkan berbagai penyakit, khasiat cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan noda hitam di wajah serta membantu mencerahkan kulit.

Apa saja sih Manfaat cuka Apel?

1. Membantu menurunkan berat badan

Cuka apel juga dipercaya efektif membantu menurunkan berat badan.Cuka apel dipercaya dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu Anda untuk menurunkan asupan kalori yang dikonsumsi. Menurunkan jumlah asupan kalori secara rutin ini dapat membantu dalam penurunan berat tubuh.Tentunya cara ini juga harus dibarengi dengan perubahan pola makan secara keseluruhan dan juga dibantu dengan olahraga rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena beberapa penyakit, seperti hipertensi dan penyakit jantung. Cuka apel dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Faktanya, manfaat cuka apel tersebut masih sebatas pengujian pada hewan dan belum ada penelitian yang cukup terhadap manusia.Meski dianggap menjanjikan, namun pemakaian untuk tujuan tersebut belum direkomendasikan 

3. Membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

Cuka apel mungkin bermanfaat sebagai pengontrol kadar gula dalam darah dan kadar insulin pada penderita diabetes. Suatu penelitian mengungkapkan, bahwa cuka apel dapat membantu menekan kadar gula darah dan HbA1c, yaitu salah satu penanda kadar gula darah dalam jangka panjang di dalam tubuh.

Namun efek ini secara klinis tidak terlalu signifikan, karena penurunan kadar gula darah dan HbA1c yang terjadi hanya dalam jumlah sedikit. Meski manfaat cuka apel bagi penderita diabetes dapat di buktikan, jangan jadikan cuka apel sebagai pilihan utama pengobatan diabetes.

4. Membantu melawan kanker

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa cuka apel dapat membantu melawan kanker.Penelitian tentang manfaat cuka apel untuk melawan kanker hasilnya masih sangat beragam. Beberapa penelitian pada hewan memang menunjukkan bahwa cuka apel mampu mengecilkan tumor dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun potensinya besar, tapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat cuka apel yang satu ini.

5.Mengatasi jerawat

Penggunaan cuka apel untuk wajah yang paling umum adalah untuk mengatasi jerawat.Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cuka apel memiliki sifat antibakteri dari kandungan asam asetat di dalamnya. Sifat satu ini yang membuat cuka apel juga dipercaya sebagai obat jerawat.  

Namun perlu diingat bahwa tidak semua jenis kulit dapat cocok menggunakan cuka apel. Jika kulit tidak cocok dan penggunaannya berlebihan, cuka apel dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Apa sih Efek samping dari Cuka Apel?

1. Gangguan pencernaan 

Karena keasamannya, cuka ini bisa memperparah kondisi maag atau menyebabkan orang menjadi mual. Minum cuka apel secara langsung menyebabkan luka pada tenggorokan karena keasamannya. Untungnya, ini adalah efek samping yang jarang terjadi. Oleh karena itu, orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan atau memiliki kesulitan menelan tidak disarankan untuk menggunakan cuka dari apel ini.

2. Iritasi kulit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan cuka apel pada kulit dapat menyebabkan iritasi.Efek ini dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada pemilik kulit sensitif atau yang memiliki alergi terhadap cuka apel. Jika penggunaan cuka apel untuk wajah menimbulkan sensasi seperti terbakar, gatal, dan tanda iritasi lainnya, sebaiknya segera hentikan penggunaan cuka apel untuk wajah.Konsentrasi cuka apel di setiap merek mungkin dapat berbeda-beda. Pastikan Anda mengamati kemasan produk dengan seksama sebelum mulai menggunakannya.

3. Kerusakan gigi

Cuka apel memiliki sifat asam seperti cuka pada umumnya. Semua yang bersifat asam dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi jika digunakan terlalu banyak dan dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, maka lama-kelamaan cuka apel dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

4. Memperburuk hipokalemia

Hipokalemia adalah kondisi di mana kadar kalium rendah dalam tubuh.Salah satu gejala dari kondisi ini adalah lemah dan kelumpuhan otot. Dilansir dari Healtline, menurut Dr. Robert H. Shmerling dari Harvard Medicine School, cuka apel dapat memperburuk kondisi kadar kalium rendah dalam tubuh.


Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar