Logo Eventkampus

Pengembangan Obat Herbal Diperlukan Untuk Mendukung Kemandirian Obat Nasional

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pengembangan Obat Herbal Diperlukan Untuk Mendukung Kemandirian Obat Nasional

Pengembangan dan riset obat dari tanaman herbal yang ada di tanah air perlu dilakukan untuk mendukung kemandirian bahan baku obat nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti, Prof.Dr. Ali Ghufron Mukti, Kamis (14/11) di Yogyakarta. Saat itu, Ali Ghufron hadir menjadi pembicara kunci dalam The 6th International Conference on Pharmacy and Advanced Pharmaceutical Sciences (ICPAPS) 2019 yang diselengggarakan Fakultas Farmasi UGM di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta.

Ali Ghufron menyampaikan Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati termasuk tanaman herbal. Bahkan, sekitar 80 persen tanaman herbal dunia tumbuh di Indonesia.

“Indonesia adalah negara dengan biodiversitas terbesar kedua dunia setelah Brazil. Kurang lebih ada 28 ribu spesies tanaman yang 1.845 diantaranya teridentifikasi sebagai tanaman obat,” paparnya.

Meskipun memiliki keberlimpahan tanaman herbal, namun potensi besar tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Dari 1.845 spesies tanaman yang teridentifikasi sebagai tanaman obat, baru 283 spesies yang secara resmi terdaftar di BPOM dalam penggunaan sebagai obat dan telah digunakan masyarakat.

“Sebagian besar lainnya belum dibuktikan secara klinis,” tuturnya.

Dia mencontohkan tanaman bajakah yang dalam beberapa waktu terakhir sempat booming dianggap berpotensi sebagai anti kanker. Pemerintah telah mengidentifikasi spesies tanaman ini ke dalam tanaman herbal. Kendati begitu, potensi sebagai anti kanker masih belum teruji secara klinis.

“Sudah kita identifikasi, tetapi bukti empiris sebagai obat kanker belum ada. Masih perlu identifikasi zat mana yang efektif untuk anti kanker,” katanya.

Oleh sebab itu, dia menekankan pengembangan obat herbal yang berasal dari kekayaan alam Indonesia sangat diperlukan. Pemanfaatan tanaman herbal lokal sebagai obat ini diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi bangsa, terutama dalam mendukung kemandirian bangsa dalam bidang obat. Sebab, hingga kini lebih dari 95 persen bahan baku obat diperoleh dengan impor dari negara lain.

“Kalau potensi yang ada ini bersama-sama dikembangkan, di bawah Dikti kan ada 20 RS dan 14 RSGM, kalau diuji maka potensinya luar biasa untuk menekan impor bahan baku obat,” ujarnya. (Humas UGM/Ika)



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/18722-pengembangan-obat-tanaman-herbal-diperlukan-untuk-mendukung-kemandirian-obat-nasional

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

PSPD UGM dan ASEAN Nagoya Club Dorong Tata Kelola Perdagangan Inklusif Indonesia-Jepang
25 Oktober 2019
Dokter RSA UGM Jelaskan Waktu Tepat Untuk Karantina Mandiri
27 Agustus 2020
Guru Besar FKKMK UGM Gelar Konser Amal Sekaligus Kenang Mendiang Prof Iwan
16 Maret 2021
Psikolog UGM Paparkan Perilaku Ghosting
24 Maret 2021
Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa
15 April 2021
UGM dan Yayasan Dompet Dhuafa Republika Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian
30 April 2021

Komentar