Logo Eventkampus

5 Manfaat Daun Binahong

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Manfaat Daun Binahong

   Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan nama tanaman obat satu ini. Padahal, selain memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, daun yang memiliki bentuk seperti hati ini juga sangat mudah ditemui di perkarangan rumah ataupun di penjual tanaman.

  Manfaat daun binahong memang terkenal dalam dunia obat herbal di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak orang menggunakan daun ini dalam pengobatan herbal berbagai masalah kesehatan. 

 Berkhasiat untuk berbagai kesehatan, daun binahong memiliki kandungan sumber zat besi, kalsium, Vitamin C dan Vitamin A, protein tinggi, sumber fosfor dan kalium, serta kaya akan antiokidan seperti lutein dan betakaroten. Khasiat daun binahong didapat dari cara mengonsumsinya dengan cara direbus atau diminum ekstraknya.

     Dari banyaknya kandungan pada daun binahong, berikut kami telah merangkum apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun berbentuk hati ini.

1. Mengobati batuk

Dengan meminum air rebusan daun binahong ternyata dapat mengobati batuk. Sebab dalam ramuan daun ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Baik batuk berdahak ataupun tidak berdahak, kamu bisa mengatasinya dengan meminum rebusan daun binahong.

2. Mengobati maag

Daun binahong terkenal dengan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan, salah satunya untuk mengobati sakit maag.

Penyakit yang terjadi karena asam lambung yang berlebih ini bisa kamu sembuhkan dengan mengonsumsi daun binahong. Selain akan mengembalikan asam lambung menjadi normal kembali, daun ini juga  memiliki antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh.

Dengan kandungan antioksidan, maka akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi kolesterol

Daun binahong dipercaya dapat mengatasi kolesterol jahat pada tubuh. Daun ini akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah.

Dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin, kolesterol jahat yang ada pada tubuh kamu akan hilang dengan sendirinya. Sudah coba?

4. Mencegah diabetes

Walaupun bukan termasuk kategori penyakit ganas, penyakit diabetes tetap saja membahayakan penderitanya. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara total. Kamu hanya bisa mengendalikan kadar gula darah agar tidak menimbulkan komplikasi.

Mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik, daun binahong dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara optimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

5. Mengatasi permasalahan haid

Bagi para perempuan yang mengalami permasalahan haid, kamu bisa menjadikan daun binahong sebagai obat herbal yang berkhasiat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan haid.

Jika kamu sering mengalami terlambat datangnya haid, cobalah konsumsi ramuan obat binahong secara rutin. Kandungan zat besi dan mineral lainnya ternyata sangat efektif dalam melancarkan haid.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara Menurunkan Hipertensi dengan Seledri
06 Juli 2017
Bingung Saat Waktu Luang ? Coba,  Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Kesehatan 
11 Juli 2017
Jangan Disepelekan, Yakin Kebutuhan Vitamin D Sudah Cukup Terpenuhi?
02 Agustus 2018
Khasiat Teh
26 Desember 2019
Khasiat Teh Hijau
31 Desember 2019
Cara Membuat Masker Tomat
15 Januari 2020

Komentar