Logo Eventkampus

Tips Menjadi Pribadi Yang Lebih Asertif

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Menjadi Pribadi Yang Lebih Asertif

menjadi lebih asertif adalah tentang menghormati hak-hak, keyakinan, dan nilai-nilai Anda sendiri dengan tetap menghormati hak orang lain. Berikut adalah cara untuk menjadi lebih asertif:

  1. Asertif  merupakan kualitas yang harus dipunyai: untuk diri sendiri penting agar Anda tidak diperlakukan secara negatif atau agar orang tidak berasumsi bahwa Anda tidak memiliki kemampuan. Untuk mengekspresikan diri secara positif.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri: Pribadi yang penuh percaya diri akan menciptakan kesan tentang siapa diri Anda di hadapan orang lain.
  3. Jangan terlau banyak berkata meminta maaf: Bukan berarti mengatakan maaf tidak boleh dilakukan. Yang harus dihindarkan adalah terlalu sering minta maaf untuk sesuatu yang tidak diperlukan.
  4. Berani berkata ‘tidak’: Jika teman atau kolega Anda selalu mengharapkan ‘ya’ dari Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak ingin melakukannya, maka Anda harus belajar untuk mengatakan tidak. Hubungan harus didasarkan pada sikap saling menghargai, bukan berdasarkan pada dominasi.
  5. Katakan apa yang ingin disampaikan: Tanpa harus menjadi agresif atau kasar, ekspresikan keinginan dan pendapat Anda dimanapun diperlukan. Jangan diam dan hanya menunggu. Selalu usahakan mengekspresikan diri Anda.

Penulis

foto rinikurniamega
rinikurniamega
SMK WIKARYA KARANGANYAR

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Menjadi Wanita Inspiratif ?
22 Juni 2017
Nasi Pecel Khas Magetan
25 Juli 2017
Inspiratif, Mahasiswa di Yogyakarta Juara Dunia Inovasi Teknologi Kreatif
27 Juli 2018

Komentar