Logo Eventkampus

5 Tips Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh untuk Atasi Nyeri Haid

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Tips Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh untuk Atasi Nyeri Haid

Kram dan sensasi nyeri di perut saat merupakan masalah yang dialami banyak wanita saat haid. Biasanya gangguan ini menjadi bagian paling tak menyenangkan dari menstruasi bulanan.

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri haid, antara lain mengonsumsi obat pereda nyeri, istirahat cukup, olahraga ringan, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Minum air ternyata bisa membantu meringankan nyeri haid. Namun nyeri haid biasanya juga disertai turunnya nafsu makan. Jadi konsumsi cairan pun mungkin bakal berkurang.

Jadi bagaimana caranya agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi selama masa menstruasi? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Minum Air Putih Secara Berkala

Saat haid, Anda disarankan untuk mengonsumsi setidaknya enam gelas cairan per hari. Anda tak harus meminumnya dalam satu waktu. Cobalah untuk minum setiap dua atau tiga jam sekali agar perut tidak kembung. Pasalnya perut kembung juga bisa membuat nyeri haid semakin terasa.

2. Hindari Kafein

Dilansir OnHealth, menghindari kafein dapat membantu redakan nyeri haid. Kafein tak cuma ada di kopi. Teh, minuman soda, dan beberapa merek minuman berenergi juga mengandung kafein. Minum minuman berkafein akan membuat kita rentan dehidrasi karena sifat diuretik yang dimilikinya.

Sebagai ganti kafein, bisa coba konsumsi smoothies yang mengandung sayuran kaya antioksidan, buah beri, atau sumber cairan seperti semangka. Infused water juga bisa dicoba sebagai minuman penambah energi pengganti kafein saat haid.

3. Konsumsi Kaldu Tulang

Menurut artikel yang dilansir Bustle, Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, ahli gizi di Mountainside menyarankan konsumsi kaldu tulang saat haid. Faraj menyebut kaldu tulang bisa bantu meredakan nyeri haid. Air kaldu tulang merupakan salah satu sumber asam amino anti inflamasi yang baik, bisa membantu meringankan rasa sakit jika diminum saat nyeri haid melanda.

4. Konsumsi Minuman Hangat

Minuman yang hangat bisa membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri haid. Minuman hangat juga bisa membantu menyamankan perut, sehingga Anda bisa beristirahat lebih baik.

5. Makan Buah

Saat nyeri haid melanda, mungkin Anda jadi malas makan atau minum. Sebagai solusi, cobalah memakan buah. Pilih buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, atau pepaya.

Demikian cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk meredakan nyeri haid yang mengganggu.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar