Logo Eventkampus

Cara Membuat Seblak

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Membuat Seblak

Di Indonesia memiliki banyak ragam makanan, salah satunya seblak yang berasal dari Bandung. Seblak ini memiliki rasa yang pedas, rasa ini menjadi ciri khas dari seblak. Bahan dasar dari seblak yaitu krupuk yang direndam terlebih dahuli didalam air, kemudian dimasak bersama dengan bahan yang lainnya. Berikut ini merupakan cara memasak seblak yang sedap:

·        Bahan :

1.      Krupuk kanji mentah 50 gram

2.      Telur ayam 1 butir

3.      Daun bawang 1 batang

4.      Seledri

5.      1 sdm garam

6.      ½ sdt penyedap rasa

7.      Kecap manis secukupnya

8.      Cabe rawit 3 buah

9.      Bawang merah 2 siung

10.  Kencur 1 ruas

 

·        Cara membuat :

1.      Rendam kerupuk kanji dengan air panas, tunggu kerupuk kanji hingga mengembang, apabila sudah mengembang angkat krupuk dan tiriskan.

2.      Potong daun bawang tipis tipis.

3.      Bersihkan kencur, bawang merah, bawang putih, dan caberawit. Kemudian haluskan bahan-bahan yang sudah dibersihkan tersebut.

4.      Setelah semua bahan telah halus, tumis bumbu hingga matang, kemudian tuangkan air secukpnya pada tumisan bumbu tersebut. Kemudian, rebus hingga kuah bumbu  menjadi sedikit surut.

5.      Masukkan krupuk kanji yang sebelumnya tadi sudah direndam dengan air panas hingga mengembang ke dalam bumbu yang sudah menyurut.

6.      Tambahkan telur ayam kedalamnya, kemudian aduk perlahan hingga telur tidak menggumpal menjadi satu.

7.      Tambahkan penyedap rasa, garam, dan gula hingga dirasa sudah cukup enak, dan sesuai dengan selera masing-masing.

8.      Kalian dapat menambahkan potongan bakso, sosis, ayam, dan jangan lupa dengan daun bawang yang sudah dipotong tipis tipis. Kita juga dapat menambahkan jamur maupun mie.

9.      Rebus kembali semua bahan hingga air nya surut.

10.  Tambahkan kecap manis secukupnya (sesuai selera masing-masing).

11.  Dan seblak siap dimakan.

Itulah tadi langkah-langkah untuk membuat seblak. Kalian dapat mencobanya dirumah, kalian juga dapat mengganti krupuk dengan makaroni. Dan juga dapat menambahkan yang lainnya seperti ceker ayam maupun irisan yang lainnya. Selamat mencoba dirumah.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Benarkah Sering Mengonsumsi Makanan Pedas Bikin Cepat Pikun?
07 Februari 2020

Komentar