Logo Eventkampus

Bahaya Mengonsumsi Minuman Bersoda

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya Mengonsumsi Minuman Bersoda

    Soda merupakan minuman yang sangat menyegarkan. Tetapi soda tidak dapat menggantikan air putih sebagai penghilang dahaga. Selain tidak dapat menghilangkan dahaga, kandungan gula dan zat buatan yang terkandung dalam soda dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu apabila dikonsumsi terlalu sering. Soda juga dikait kaitkan dengan obesitas, kerusakan ginjal, dan berbagai jenis kanker, soda juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penipisan kalsium. Berikut ini beberapa bahaya terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda :

1. Menambah berat badan

Mengonsumsi soda sama saja dengan menambah jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita. Minuman bersoda mengandung 4 kali lipat gula buatan, kandungan gula ini sangat banyak yang dapat memicu kegemukan dan perut buncit. Kandungan gula dalam soda tidak dapat menghilangkan rasa dahaga kita.

2. Picu gagal ginjal

Apabila kita terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung soda dapat memicu kerusakan pada ginjal kita. Biasanya minuman yang mengandung soda memiliki tambahan perwarna.

3. Tingkatkan risiko kanker

Biasanya mengonsumsi soda dikaitkan dengan risiko kanker. Orang yang mengonsumsi soda sehari dua porsi atau lebih per minggu, 87 persen dapat menimbulkan kanker pancreas daripada orang yang tidak mengonsumsi soda.  Selain itu dapat berisiko lebih tinggi terkena kanker lapisan dalam rahim.

4. Memicu penyakit lambung

Apabila seseorang yang memiliki penyakit maag atau lambung, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang bersoda. Apabila memiliki penyakitini dan tetap meminumnya akan menyebabkan perut terasa panas dan dapat memuntahkan isinya.

5. Menyebabkan kerusakan pada gigi

Soda memiliki kandungan karbonasi, kandungan ini dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.Soda juga mengandung frukotsa dan gluklosa yang tinggi, kandungan ini dapat menyebabkan gigi berlubang. Hal ini dapat memperparah kerusakan pada gigi apabila setelah mengonsumsi soda kita tidak membersihkannya.

6. Menyebabkan penuaan dini

Banyak mengonsumsi minuman bersoda bisa membuat kulit menjadi keriput dan memicu penuaan dini. Dikarenakan minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapatmemppercepan proses penuaan pada kulit.

    Jadi kalian sudah mengetahui bahaya dari mengonsumsi minuman bersoda yang terlalu sering bukan ? Mulai sekarang hindari minum minuman bersoda yang terlalu sering, dan cobalah ganti den gantilah dengan air putih.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar