Logo Eventkampus

10 Khasiat Buah Cokelat / Kakao Yang Jarang Kalian Ketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
10 Khasiat Buah Cokelat / Kakao Yang Jarang Kalian Ketahui

Buah Kakao atau sering disebut sebagai buah cokelat merupakan buah yang memiliki segudang manfaat lho!! Yang tentunya baik untuk kesehatan. Buah ini memiliki warna kuning kecoklatan. Dan buah ini memiliki rasa yang asam-asam manis. Kali kita akan membahas manfaat buah kakao nih. mau tahu manfaatnya apa aja? Simak terus nih.

1.      Dapat  Meningkatkan Energi Dan Menghilangkan Rasa Lelah

Coklat mampu memberikan dan mengembalikan energy kalian yang habis karena telah beraktivitas seharian.

2.      Memiliki Tinggi Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang menangkal efek buruk dari radikal bebas, yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Senyawa ini memiliki manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

3.      Dapat Mengurangi Gejala Depresi

Bubuk dari biji kakao bisa memperbaiki suasana hati sekaligus mengatasi depresi. Efek positif ini didapat dari kandungan senyawa flavanol yang mampu mengendalikan emosi.

4.      Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung Dan Stroke

Bubuk kakao dapat memperkecil peluang serangan jantung dan stroke. Karena, ada flavonoid yang berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah meningkat.

5.      Dapat Memperbaiki Fungsi Otak

Bubuk kakao bermanfaat untuk menunjang berbagai fungsi otak. Karena kandungan senyawa polifenol dalam bubuk kakao bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dengan cara memperbaiki fungsi otak dan aliran darah dalam tubuh.

6.      Dapat Mengendalikan Berat Badan

Kakao bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Biji coklat ini bisa membantu mengatur energi di dalam tubuh, mengurangi nafsu makan, mengurangi peradangan, meningkatkan pembakaran lemak tubuh, dan meningkatkan perasaan kenyang.

7.      Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan flavonoid dalam bubuk kakao dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

8.      Dapat Membantu Meringankan Asma

Penyakit pernapasan yang satu ini kerap sekali ya mengancam nyawa. Manfat kakao dapat membantu meringankan batuk terus-menerus akibat adanya sumbatan di jalur napas. Senyawa ini juga mampu mengurangi peradangan termasuk pada asma.

9.      Mampu Melindungi Tubuh Dari Kanker

Kandungan flavanol dalam kakao mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan kakao mampu melindungi sel terhadap kerusakan molekul reaktif, melawan peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membantu mencegah penyebarannya. Serta mampu mengurangi risiko kanker payudara, pankreas, prostat, hati, usus besar, dan leukimia (kanker darah).

10.  Dapat Menjaga Kesehatan Gigi Dan Tulang

Buah kakao juga mampu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Karena biji coklat mengandung senyawa yang mengandung antibakteri dan senyawa yang mampu merangsang sistem imun untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut.

Itulah beberapa manfaat dari buah coklat. Hindari mengkonsumsi coklat secara berlebihan ya karena jika mengonsumsi banyak coklat itu juga tidak baik bagi kesehatan. Semoga info ini bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar