Logo Eventkampus

9 Manfaat Daun Mangga Yang Jarang Diketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
9 Manfaat Daun Mangga Yang Jarang Diketahui

Buah mangga memang menjadi favorit banyak orang ya!! Tapi tau gak ih daunnya juga bisa dimanfaatkan lho. Jadi, jangan meremehkan daun mangga, ketika memakan daging buahnya, jangan buang daunnya karena memiliki manfaat baik bagi tubuh. Manfaat daun mangga ini disebut bisa mengatasi berbagai masalah sehari-hari mulai dari mengobati luka bakar hingga gangguan telinga. Mau tau manfaat lainnya. Simak penjelasannya:

1.      Dapat Mengatasi Masalah Tenggorokan

Jika kamu sedang mengalami masalah tenggorokan atau cegukan, daun mangga adalah solusi praktis yang bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.

2.      Meningkatkan Kesehatan Perut

Daun mangga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah dapat meningkatkan kesehatan perut. Sebab, daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut Anda dari berbagai penyakit lambung. Caranya adalah dengan menambahkan beberapa lembar daun mangga ke dalam air hangat dan diamkan selama satu malam. Setelah itu saring airnya dan minumlah di keesokan harinya.

3.      Dapat Mengatasi Cemas Berlebih

Manfaat lain daun mangga ternyata mampu mengatasi kecemasan berlebih. Bisa dicoba nih.

4.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun mangga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki sifat hipotensi. Mengonsumsi daun mangga akan membantu memperkuat pembuluh darah sehingga membuat terbebas dari penyakit varises.

5.      Mengobati Gangguan Telinga

Masalah gangguan telinga memang cukup menjengkelkan karena bisa menghambat kegiatan sehari-hari. Tapi untungnya, kamu bisa mengatasi hal ini dengan obat tetes yang dibuat dari ekstrak daun mangga.

6.      Dapat Mengatasi Diabetes

Daun mangga mengandung zat tanin dan antocyanin yang baik untuk mengatasi diabetes awal. Selain itu, daun mangga yang dibuat menjadi teh sangat manjur untuk mengatasi diabetes angiopati dan retinopati.

7.      Membantu Masalah Pernapasan

Jika kamu memiliki penyakit pernapasan seperti flu, bronkitis, dan asma, kamu harus mencoba pengobatan alternatif dengan daun mangga nih. Cukup minum rebusan daun mangga yang ditambah dengan madu dan nikmati selagi hangat.

8.      Sebagai Obat Asma

Salah satu manfaat dari daun mangga adalah dapat megobati asma. Daun mangga dapat mengatasi beberapa penyakit pada saluran pernapasan seperti bronkitis, pilek atau flu dan asma. Untuk mengobatinya cukup dengan cara merebus daun mangga, kemudian tambahkan sedikit madu dan minumlah air rebusan daun mangga tersebut.

9.      Dapat Menjaga dari Bau Mulut

Bau mulut pasti membuat orang menjadi kurang percaya diri. Tapi untungnya, kalian bisa memanfaatkan daun untuk mengatasi masalah yang satu ini. Cukup rebus daun mangga yang sudah tua hingga air rebusannya berwarna kekuningan dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun mangga yang harus kalian ketahui nih. semoga bermanfaat yaa!!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan
04 Februari 2020

Komentar