Logo Eventkampus

Khasiat Tak Terduga Kolang Kaling

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Khasiat Tak Terduga Kolang Kaling

Kolang-kaling berasal dari biji pohon aren. Buahnya berbentuk pipih dan berwarna putih. Teksturnya yang kenyal membuat kolang kaling kerap dijadikan bahan pembuat takjil, kolak ataupun es campur. Bukan hanya rasanya manis dan lezat, kolang-kaling juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Dan berikut beberapa khasiat dari kolang- kaling:

1.      Dapat Menyehatkan Tulang

Kolang-kaling  juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium yang terkandung di dalam kolang-kaling yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

2.      Menjadi Menu Diet Sehat

Buah ini menjadi pilihan yang tepat bagi yang sedang diet. Kandungan gelatin yang terkandung dalam kolang kaling membantu mempercepat rasa kenyang dan sehingga menghentikan nafsu makan.

3.      Dapat Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

4.      Dapat Menyehatkan Jantung

Khasiat kolang-kaling juga dapat menyehatkan jantung. Karena seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol.

5.      Dapat Mencegah Dehidrasi

Kolang-kaling dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, karena kandungan air dan tinggi serat, serta banyak mengandung vitamin dan mineral.

6.      Kaya Kandungan Serat

Kolang-kaling mengandung air dan serat cukup banyak, merupakan zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, kalian juga dapat terhindar dari sembelit dan diare.

7.      Mampu Meremajakan Kulit

Selain manfaat kolang-kaling untuk kesehatan, ternyata bermanfaat dalam peremajaan kulit karena kolang-kaling mengandung kolagen yang cukup tinggi. Sangat cocok buat kamu yang ingin tampak awet muda.

8.      Mampu Melancarkan Pencernaan

Ketika berpuasa di bulan Ramadan, mungkin pencernaan tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan masalah pada pencernaan. Untuk mengatasi masalah tersebut, kolang-kaling menjadi solusinya. Sebab, manfaat kolang-kaling dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Nah, itulah beberapa khasiat kolang kaling yang harus kalian ketahui. Semoga info ini bermanfaat untuk kalian.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar