Logo Eventkampus

Artikel Pendidikan Karakter

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Artikel Pendidikan Karakter

ARTIKEL PENDIDIKAN KARAKTER

Oleh : Fuad Dzaky, mahasiswa Universitas Darussalam

 

            Apa pentingnya pendidikan karakter? Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehiupan manusia, agar manusia dapat meningkatkan kualitas hidup sebagai insan yang bermoral serta dapat bertahan agar tidak goyah dalam segala perkembangan di era globalisasi ini. Ribuan definisi telah menumpuki kata “pendidikan”. Mulai dari Plato, Aristotle, Herbert Spencer, Imam Ghazali, Avicenna (Ibnu Sina),dsb. Namun, yang paling mengena disini adalah definisi pendidikan menurut Mahmud Yunus, yaitu “suatu bentuk pengaruh yang terdiri dari ragam pengaruh yang terpilih berdasarkan tujuan yang dapat membantu anak-anak agar berkembang secara jasmani, akal, dan karakter. Dalam prosesnya ada upaya yang harus dicapai agar diperoleh dengan hasil yang maksimal dan sempurna, agar tercapai sebuah kehidupan harmoni secara personal dan social, dan segala bentuk kegiatan yang berumber darinya menjadi lebih sempurna, kokoh, dan lebih bagus bagi masyarakat.”

                Dalam mendidik seseorang, ia sangat bergantung kepada beberapa factor yang bertanggung jawab dalam pengembangan pedidikan karakternya. Orang tua menjadi factor pertama yang sangat berpengaruh disini. Kerena mereka yang akan menentukan tahapan kedepan dalam pembentukan pendidikan karakter bagi seseorang. Kemudian Sekolah. Segala interaksi yang dihadapkan kepada seseorang akan berpengaruh dalam pembentukan karakternya, karena sekolah merupakan gambaran dalam skala besar untuk rumah. Lalu yang terakhir, Lingkungan. Dalam factor ini, seseorang disamping dapat menerima rangsangan yang besar, ia diharapkan dapat berperan aktif untuk memaksimalkan segala potensinya kepada unsur-unsur yang ada di dalamnya.

                Untuk merealisasikan pendidikan akademis dan karakter (khususnya), tidak cukup hanya dengan pembicaraan saja, akan tetapi diperlukan panutan yang baik atau qudwah serta lingkungan yang baik pula. Misalkan seseorang akan lebih maksimal belajar bahasa asing apabila ia memiliki teman bicara yang lebih mahir daripadanya sebagai motivasinya dan lingkungan yang sekitar sangat mendukung. Intisarinya, “segala yang dilihat oleh seseorang dan apa yang ia dengarkan dari segala aspek, akan menjadi salahsatu factor dari sekian banyak factor-faktor yang tercanum dalam pendidikan akademis dan karakternya.”

#eventkampus

                 

                 

Penulis

foto Fuad Dzaky Al-Asyrof
Fuad Dzaky Al-Asyrof
Universitas Darussalam Gontor
mahasiswa

Artikel Terkait

Tips-Tips Cara Menghindari Narkoba Bagi Remaja
03 Juli 2017
Manfaat Kegiatan Bakti Sosial bagi Pelajar dan Mahasiswa
04 Juli 2017
Cara Memanfaatkan Sampah Dan Limbah
04 Juli 2017
MASA DEPAN BANGSA DALAM GENGGAMANMU
04 Juli 2017
REAL FRIEND VS UNREAL FRIEND
10 Juli 2017
SEMINAR LUKA BATIN
26 Februari 2024

Komentar