Logo Eventkampus

Manfaat Mengangkat Kaki Di Tembok Selama 20 Menit

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Mengangkat Kaki Di Tembok Selama 20 Menit

Banyaknya kesibukan membuat kita tidak mempunyai waktu untuk berolahraga ya. Tapi tenang, ada satu gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan setiap hari dan pastinya memberikan manfaat yang luar biasa. Hanya dengan berbaring, mengangkat kedua kaki dan meletakkannya di tembok selama 20 menit setiap hari, kamu akan mendapat banyak manfaat dahsyat.  Simak penjelasannya:

1.     Dapat Mengurangi Stres

Posisi berbaring sambil mengangkat kaki lurus ke atas dan menyandarkannya ke dinding juga dapat membantu menenangkan pikiran. Stres yang kamu rasakan akan berkurang.

2.     Menghilangkan Rasa Sakit Pada Pinggul, Kaki, Dan Punggung

Gerakan sederhana ini ternyata bisa memberikan efek positif bagi otot-otot betis, paha belakang, kaki, serta punggung. Melakukannya dengan rutin juga akan membuat tubuh menjadi lebih elastis. Selain itu, rasa sakit yang disebabkan oleh pegal-pegal atau ketegangan pada bagian tubuh tersebut akan bisa diredakan dengan efektif.

3.     Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Dengan mengangkat kaki ke tembok selama 15-20 menit, otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar. Saat tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas. Bila diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin, maka manfaatnya akan lebih luar biasa. Tapi nggak ada salahnya untuk mulai dari gerakan sederhana yang bisa langsung dilakukan saat ini juga.

4.     Dapat Melancarkan Pencernaan

Manfaat lainnya dari posisi berbaring sambil mengangkat kaki ke dinding adalah membuat pencernaan lebih lancar. Tidak ada lagi masalah sulit buang air besar.

5.     Mengurangi Sakit Kepala Saat Datang Bulan

Bagi para wanita, gerakan ini bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit ketika datang bulan. Tidak hanya kram pada perut, tetapi juga sakit kepala. Gerakan ini juga membantu memperkuat organ reproduksi.

6.     Menurunkan Lemak Darah Dan Menstabilkan Gula Darah

Pada saat kaki terangkat ke atas, tubuh akan mengeluarkan keringat, yang otomatis mengeluarkan racun dan membakar lemak di dalam tubuh. Pada saat bersamaan, limpa kita juga akan terlatih dan fungsi limpa pun meningkat sehingga gula darah dapat terkontrol dengan baik.

7.     Meningkatkan Sirkulasi Aliran Darah

Pose kaki terbalik ini membawa oksigen ke bagian atas tubuh, artinya sirkulasi aliran darah meningkat. Selain itu, gerakan ini juga membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah.

8.     Langkah Kaki Akan Terasa Lebih Ringan

Kaki yang terasa berat atau bengkak bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk. Bisa juga karena gangguan jantung dan ginjal, berat badan berlebih, dan pola makan buruk. Dengan rutin menyisihkan waktu 20 menit untuk mengangkat kaki ke tembok, sirkulasi darah bisa lebih lancar dan langkah kaki pun terasa makin ringan.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat mengangkat kaki ke dinding sambil tiduran? Meskipun ringan, ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh. Mulai sekarang sempatkan dirimu untuk melakukannya secara rutin ya. Semoga bermanfaat ya.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar