Logo Eventkampus

Ternyata Tidur Siang Bisa Membawa Kesuksesan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Ternyata Tidur Siang Bisa Membawa Kesuksesan

    Kata siapa tidur siang hanya membuang-buang waktu saja? Itu adalah pendapat yang salah karena ternyata tidur siang dapat membawa kesuksesan kepada kita. Anda tidak percaya? Mari simak artikel berikut.

    Mungkin bagi sebagian orang, kegemaran yang satu ini tak bisa dibilang hobi karena merasa hal ini tidak bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu saja. Tapi, jika dilakukan dengan benar, tidur siang terbukti bisa membuatmu lebih produktif.

    Yup, jika tidur siang dilakukan dengan rutin setiap hari, kerja tubuh dan pikiran pun bisa lebih optimal. Selain bisa menjernihkan pikiran dan memberikan ketahanan memori, kamu pun bisa lebih fokus bekerja setelahnya.

    Ini dia 9 manfaat tidur siang bagi tubuh :

1. Sebagai Relaksasi

Hasil gambar untuk tidur siang untuk meningkatkan mood

    Tekanan yang besar saat kita bekerja atau belajar dapat menyebabkan  dampak yang buruk bagi tubuh. Terlebih itu dapat menurunkan sistem pertahanan tubuh dan tubuh kita mudah untuk terserang penyakit. Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan tidur siang dapat bantu kamu jadi lebih rileks serta tenang. Terutama bila kamu tengah emosi atau jengkel pada seorang, tidur siang bakal kurangi tingkat emosi didalam dirimu. Tidak cuma itu, saat bangun kelak kamu bakal terasa tubuh serta pikiranmu jadi lebih segar.

2. Meningkatkan Daya Ingat

    Sebuah studi kasus yang dilakukan baru-baru ini membuktikan bahwa tidur siang dapat meningkatkan daya ingatan seseorang. Riset itu dilakukan dengan membandingkan orang yang tidur siang dan tidak, hasilnya orang yang tidur siang memiliki daya kognitif dan memori yang lebih besar.

3. Meningkatkan Mood

Hasil gambar untuk tidur siang untuk meningkatkan mood

    Serotonin adalah zat yang bertanggung jawab mengontrol mood, hasrat tidur, serta nafsu makan. Tetapi saat tubuh kita tengah berada dalam keadaan stress, serotonin dalam level tinggi semakin lebih seringkali diperlukan, lalu produksinya malahan alami penurunan. Sebagai mengakibatkan, kita jadi semakin banyak berprasangka buruk, depresi, serta sangat gampang teralihkan. Tidur siang bakal membuat otak dibanjiri serotonin, menghapus seluruh dampak jelek serta bikin kita merasa lebih positif.

4. Meningkatkan Konsentrasi

    Mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran biasanya mengalami penurunan konsentrasi sesudah tengah hari, terlebih selesai jam makan siang. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cukup banyak lemak bakal bikin kamu terasa cepat lelah serta mengantuk. Bila dilewatkan, hal semacam ini malah merugikan lantaran bakal kurangi produktivitas kerja. Jalan keluar paling baik yaitu tidur sesaat. Sesudah bangun kamu bakal terasa lebih segar serta dapat memberi peran secara optimal.

5. Meningkatkan Daya Kreativitas

Hasil gambar untuk tidur siang untuk mengurangi stres

    Disimpulkan kalau saat tidur, otak mengalami peningkatan kegiatan di hemisfer bagian kanan, atau segi yang bertanggung jawab atas segi kreativitas. Tidur siang dengan jumlah yang cukup bakal bikin kita jadi tambah lebih kreatif.

6. Meningkatkan Kekuatan Syaraf

    Tidur siang bakal meningkatkan persepsi sensorik. Menurut Dr. Sandra C. Mednick, tidur siang dapat menaikkan sensitivitas daya pandang, pendengaran, serta perasa. Tidur siang dapat juga meningkatkan daya kreativitas, dengan bikin pikiranmu lebih tenang, sampai dapat bikin asosiasi baru dari satu tema tertentu.

7. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Hasil gambar untuk tidur siang untuk mengurangi stres

    Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.

8. Dapat Mencegah Insomnia

    Tidur siang ternyata juga mampu mengobati insomnia atau gejala susah tidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.

9. Dapat Mengurangi Stres

Hasil gambar untuk tidur siang untuk mengurangi stres

    Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stress yang anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hormon stress secara dramatis akan mengalami penurunan setelah anda melakukan tidur siang bagi anda yang semalam tidurnya kurang begitu nyenyak dan lelap.

    


Penulis

foto Pratoni
Pratoni

Komentar