Logo Eventkampus

Dampak Mengerikan Mie Instan Mentah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Dampak Mengerikan Mie Instan Mentah

Bahaya makan mi instan mentah bagi kesehatan perlu diwaspadai setiap orang. Apalagi mi instan merupakan makanan yang banyak digemari dari semua kalangan. Anak-anak hingga orang dewasa menyukai rasanya yang begitu lezat.

Tak sedikit pula yang merasa malas memasak mi instan. Rasanya menjerang air untuk merebus mi, dan menunggu hingga mi matang sangat memakan waktu dan membuat yang sudah lapar menjadi sangat tidak sabar. Alhasil, banyak yang memakan mi dalam keadaan masih mentah atau dengan cara diremas dan dicampur dengan bumbunya. Rasanya memang tetap enak. Tapi, tahukah Anda kalau mengonsumsi mi mentah bisa sangat berbahaya untuk kesehatan? Mengonsumsi mie mentah dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan hal-hal berikut.

1.     Dapat Menyebabkan Usus Luka

Zat pengawet dan garam yang ada pada mie instan yang dikonsumsi secara mentah dan dilakukan setiap hari atau jangka panjang dapat menyebabkan dinding usus luka dan teriritasi yang nantinya dapat menurunkan kualitas kinerja usus.

2.     Dapat Menyebabkan Sembelit

Makan mie instan mentah setiap hari dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit buang air besar secara lancar karena kandungan zat yang ada pada mie instan cenderung menarik dan mengikat cairan disekitar sistem kandung kemih yang akhirnya mempengaruhi kesehatan jaringan dibawah perut sehingga dapat mempengaruhi kondisi feses disaluran anus yang terus mengeras.

3.     Dapat Menyebabkan Tubuh Kurang Gizi

Mengkonsumsi mie instan mentah setiap hari dan jangka panjang dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi karena nutrisi yang ada pada mie sangat sedikit dan butuh penambahan bahan makanan lain sehingga mie yang disantap dapat mengandung gizi yang memadai. Caranya melakukan proses perebusan terlebih dahulu lalu ditaambahakan telur atau jenis daging dagingan sesuai selera.

4.     Menyebabkan Diabetes

Mengkonsumsi mie instan mentah setiap hari dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika terus menerus mengkonsumsinya tanpa proses perebusan maka akan memicu munculnya penyakit diabetes, Karena mie instan mengandung kadar gula yang tinggi.

5.     Menyebabkan Penyakit Kanker

Seseorang yang rajin makan mie dalam keadaan mentah dapat beresiko terkena kanker. Bahan pengawert dan bumbu yang ada pada mie dapat berubah menjadi racun jika dimakan dalam kondisi tanpa melalui proses perebusan. Bahan pengawet tersebut mampu memicu pertumbuhan sel baik dalam tibuh menjadi sel abnormal yang perlahan lahan berubah menjadi sel kanker.

6.     Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan garam yang tinggi pada mie instant dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Kondisi tersebut disebabkan karena kandungan garam, lemak dan minyak dapat bergabung dan membentuk gumpalan yang dapat menghalangi aliran darah.

7.     Menyebabkan Gigi Rusak

Makan mie instan dalam keadaan mentah dan dilakukan tanpa menggosok gigi setelahnya dapat menyebabkan kerusakan gigi. Sisa makanan mie mentah lebih mudah merusak gigi karena bahan pewngawet dan kadar gula didalmnya yang tersisa pada sela sela gigi mampu mengurai menjadi proses pembusukan yang nantinya dapat menjadi sarang bakteri. Kondisi ini jika dibiarkan dapat merusak akar dan lapisan gigi.

8.     Menyebabkan Sakit Tenggorokan

Makan mie instan mentah secara berlebihan dapat mengiritasi saluran tenggorokan. Zat MSG dan bahan pengawet dapat melekat pada dinding sluran kerongkongan dan menyebabkan gatal, serak dan nbatuk batuk. Tenggorokan yang teritasi akan terus meradang jika makan mie instan dalam keadaan mentah tidak segera dihentikan.

Nah, mulai sekarang jarang sering-sering makan mie instan metah ya. Karena dampak buruk banget bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

BAHAYA MENGONSUMSI MIE INSTANT
02 Agustus 2018
Bahaya Konsumsi Mie Instan Setiap Hari
16 Januari 2020

Komentar