Logo Eventkampus

Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat?

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat?

Banyak orang yang memberikan berbagai macam petunjuk bagaimana cara menghilangkan cegukan yang berbeda-beda, saat kita mengalami cegukan. Mungkin kamu akan merasa bingung karena terlalu banyak cara menghentikan cegukan. Memang cara menghentikan cegukan bermacam-macam. Karena efek dari cara menghentikan cegukan berbeda pada setiap orang. Ada orang yang biasa menghentikan cegukan dengan menahan napas, ada juga yang menghentikan cegukan dengan cara minum air. Berikut di bawah ini ada beragam cara menghilangkan cegukan dengan cepat.

1.      Bernapas Dengan Kantong Plastik Atau Kertas

Bernapas dengan kantong plastik atau kertas tujuannya yaitu agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, maka sebenarnya kamu sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan.

2.      Dengan Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Caranya dengan meminum air hangat lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas.

3.      Dengan Mengatur Pernapasan

Menghilangkan cegukan yang terus menerus dengan mengatur pernapasan. Bernapaslah dengan teratur dan benar. Supaya oksigen dan karbondioksida bisa masuk bergantian ke dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Caranya dengan tarik napas dalam-dalam dan tahan sekuat yang kamu bisa, lalu hembuskan.

4.      Dengan Es Batu

Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan kamu secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang. Hal ini merupakan salah satu cara cepat menghilangkan cegukan.

5.      Dengan Menjulurkan Lidah

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum dengan menjulurkan lidah. Tujuan menjulurkan lidah untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

6.      Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan dengan cepat. Caranya dengan minum langsung air perasan jeruk nipis, peraslah secara langsung di mulut.

7.      Dengan Minyak Kayu Putih

Mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan. Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan. Cara menghilangkan cegukan dengan minyak kayu putih dengan oleskan minyak kayu putih pada bagian leher dan area perut secara merata.

8.      Dengan Headstand

Melakukan headstand bertujuan untuk membalikkan tubuh supaya peredaran darah dan oksigen jadi terbalik.

Itulah macam-macam cara menghilangkan cegukan dengan cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

6 Cara sederhana namun efektif untuk hentikan cegukan
06 Juli 2018

Komentar