Logo Eventkampus

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Tubuh

Daun pandan adalah satu bahan makanan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi aroma yang khas. Selain itu, daun pandan kerap kali dijadikan pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan dan minuman. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Maka tak heran ada banyak manfaat daun pandan untuk kesehatan yang bisa dirasakan jika digunakan secara tepat dan teratur.

1.     Dapat Meredakan Stres

Manfaat daun pandan adalah kemampuannya mengatasi stres. Karena daun pandan memiliki beberapa sifat penenang, tanaman ini dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kamu alami. Setiap kali kamu merasa bahwa kamu perlu bersantai karena tubuh sedang stres, cobalah minum segelas teh daun pandan.

2.     Dapat Mengatasi Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi dapat memicu risiko diabetes. Untuk menyeimbangkan insulin, penderita diabetes bisa mengonsumsi daun pandan secara rutin. Daun pandan bisa ditambahkan dalam makanan atau dicampur dalam minuman.

3.     Dapat Mengatasi Nyeri

Sifat analgetik pada daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, kamu hanya perlu mengonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

4.     Dapat Mencegah Kanker

Dalam daun pandan, ada kandungan penting yang sulit ditemukan di tanaman lain, yaitu kandungan anti karsinogenik. Ditambah lagi, daun pandan juga berperan sebagai antioksidan alami yang ampuh mencegah kanker bila dikonsumsi secara teratur.

5.     Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Masalah tekanan darah yang paling umum biasanya berupa hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Sahabat Dream bisa mengonsumsi daun pandan sebagai campuran teh secara rutin.

6.     Dapat Mengatasi Kram

Daun pandan sangat efektif untuk meredakan rasa sakit saat kram. Entah itu kram otot di perut atau di bagian tubuh lain. Cukup dengan mengoleskan tumbukan daun pandan ke bagian yang mengalami kram dan membiarkannya sampai kram mereda.

7.     Dapat Mengatasi Masalah Gigi dan Gusi

Mengunyah daun pandan mungkin terdengar aneh, tapi siapa sangka kalau cara ini ampuh untuk mengatasi masalah gigi dan gusi.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun pandan yang berguna bagi kesehatan. Selamat mencoba!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar