Logo Eventkampus

Manfaat Akar Alang Alang Tak Sekedar Meredakan Panas Dalam

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Akar Alang Alang Tak Sekedar Meredakan Panas Dalam

Mungkin orang tak akan mengenal manfaat akar alang alang jika tidak ada yang mengiklankannya sebagai penurun panas dalam. Padahal akar alang alang ampuh juga untuk meredakan penyakit mematikan.

Alang alang (Imperata cylindrica L) adalah tanaman yang masuk dalam keluarga tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman yang sering dianggap sebagai gulma ini juga populer dengan sebutan alang-alang, ìlalang, hilalang atau kambengan.

Manfaat Akar Alang Alang Untuk Kesehatan

Dengan kandungannya yang kaya dengan zat aktif dan mineral tanaman ini sangat berkhasiat untuk tubuh. Berikut ini beragam manfaat akar alang alang untuk kesehatan tubuh.

- Menjaga Kesehatan Jantung

Akar alang-alang diketahui mengandung imperanene dan graminone B. Zat ini berkhasiat menghambat pembekuan sel darah dan mencegah penyempitan pembuluh aorta dalam jantung. Minum rebusan ilalang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

- Meredakan Gangguan Prostat

Gangguan pada kelenjar prostat yang sering dialami pria lanjut usia bisa diatasi dengan ilalang ini. Minum saja air rebusan akar tanaman ini secara rutin sambil diikuti dengan pola hidup yang sehat.

- Menyembuhkan Kencing Batu

Manfaat akar alang alang juga kandungannya yang bersifat diuretik dan peluruh kemih sehingga ampuh menyingkirkan endapan kalsium yang terdapat dalam kandung kemih. Minum herbal ini juga efektif melancarkan buang air kecil.

- Mengatasi Hipertensi

Zat aktif akar alang alang juga efektif untuk mengatasi kolesterol dan lemak yang menyebabkan hipertensi. Minum rebusan tenaman ini juga baik mengontrol kadar tekanan darah tinggi.

- Mengatasi Demam dan Panas Dalam

Manfaat akar alang alang untuk anak dari kandungannya yang bersifat anti piretik yang berkhasiat untuk menurunkan panas dalam maupun demam. Minum rutin air rebusan akar ilang dengan madu untuk hasil yang efektif.

- Menyembuhkan Radang Paru-Paru

Khasiat akar ilalang juga ampuh untuk meredakan radang paru-paru. Cobalah minum air rebusan akar alang-alang ini secara rutin setidaknya selama seminggu. Jia kondisi tak menurun baru periksakan ke dokter.

- Menyembuhkan Asma

Tanaman gulma ini ternyata juga ampuh untuk meredakan penyakit asma. Rebus campuran akar ilalang dengan kencur dan sirih lalu minum air seduhannya yang telah disaring secara rutin.

- Menyembuhkan Diare

Kandungan zat aktif dalam tanaman ilalang juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi diare dan gangguan buang air besar. Minum rebusan akar alang-alang setelah BAB agar segera reda sakitnya.

- Mengatasi Hepatitis

Tanaman yang sering tumbuh liar ini juga ampuh untuk mengatasi penyakit hepatitits. Cobalah merebus akar alang-alang lalu minum airnya secara rutin untuk meredakan penyakit ini.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar