Logo Eventkampus

Jangan Dibuang Ya! Ini Manfaat Tinta Cumi Cumi Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Jangan Dibuang Ya! Ini Manfaat Tinta Cumi Cumi Bagi Kesehatan

Cumi – cumi menjadi salah satu makanan laut yang populer di konsumsi di berbagai belahan dunia tidak hanya di Indonesia karena citarasa nikmatnya, unik dan teksturnya yang kenyal. Hewan yang termasuk binatang memiliki jaringan lunak atau filum moluska ini banyak dijual di paar tradisional ataupun supermarket dan cara mengemasnya juga bervariasi dari segar atau dikeringkan. Dibalik segudang manfaat dari daging cumi, ternyata tinta cumi yang berwarna hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tinta cumi-cumi bagi kesehatan:

1.     Dapat Memperbaiki Jaringan Kulit

Masalah kulit yang tidak sehat atau penyakit kulit juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tinta cumi yang tinggi akan kandungan asam amino. Asam amino ini akan bertugas untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus jaringan ikat.

2.     Dapat Menstabilkan Tekanan Darah

Tinta cumi bisa membuat pembuluh darah jadi sedikit melebar. Kondisi ini akan mencegah terjadinya gangguan kardiovaskular dan juga mencegah terjadinya gangguan pada tekanan darah.

3.     Dapat Melancarkan Metabolisme Tubuh

Kandungan taurin yang juga ada dalam tinta cumi bermanfaat untuk proses tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Dengan mengkonsumsi tinta cumi, maka lemak tidak akan tertimbun dalam tubuh namun dikeluarkan melalui feses dan urin serta keringat.

4.     Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penggunaan tinta cumi-cumi mampu meningkatan daya tahan tubuh. Sel imun akan terbentuk dan melawan radikal bebas yang akan masuk dan mendekat. Biasanya tinta hitam tersebut sering diolah menjadi aneka masakan seafood. Bahkan kini tinta hitam cumi-cumi diolah dalam bentuk saos tinta. Sehingga makin mudah menggunakan.

5.      Dapat Memperbaiki Mood

Dalam tinta cumi juga mengandung salah satu asam amino essensial yakni tirosin yang berguna untuk menyintesa protein sehingga akan memicu tumbuh kembang jenis protein lain di dalam tubuh. Tirosin akan memperlancar kinerja saraf otak dan juga memperbaiki mood seseorang.

6.      Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan mineral yang ada dalam tinta cumi juga berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti lambung dan usus karena kandungan riboflavin dan niasin yang ada dalam tinta cumi tersebut.

7.     Terdapat Sumber Antioksidan

Tinta cumi juga menjadi sumber antioksidan baik untuk tubuh karena kandungan melanin yakni penghasil warna hitam pada tinta cumi. Tinta cumi memiliki kemampuan oksidasi lipid preventif yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

8.     Dapat Mencegah Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung yang bisa menyebabkan mual tentu bisa mengganggu aktivitas. Sebab saat kadar asam lambung terlampau tinggi, dapat mengiritasi dinding perut dan menyebabkan luka.

9.     Dapat Menyehatkan Otot

Dalam 100 gram tinta cumi-cumi, kandungan proteinnya bisa mencapai 21 gram. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memaksimalkan pembentukan jaringan tubuh yang baru hingga memperkuat otot dan tulang.  

Nah, tinta cumi-cumi ternyata bisa dimanfaatkan untuk pengobatan juga ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar