Logo Eventkampus

Sakit Leher Akibat Salah Bantal? Ini Cara Mengatasinya!

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Sakit Leher Akibat Salah Bantal? Ini Cara Mengatasinya!

       Sakit leher akibat salah bantal adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Pasalnya, saat tidur posisi leher bisa berubah dengan sendirinya meskipun kamu sudah berusaha beristirahat dengan posisi yang aman dan nyaman.

    Sakit yang di rasakan pada leher adalah akibat dari terganggunya kontraksi pada otot-otot. Untuk menangani hal tersebut, kamu harus mengembalikan fungsi otot yang kejang.

     Sebenarnya, sakit leher akibat salah bantal bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Namun, untuk kamu yang merasa sangat terganggu dengan sakitnya tetapi malas mengeceknya ke dokter, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara mengatasi sakit leher akibat salah bantal. 


1. Pijat Area yang Sakit

   Memijat area yang tegang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Dengan memijit area tersebut, fungsi otot yang kejang dan tremor akan kembali relaks.

 Mintalah bantuan pasangan atau temanmu untuk memijat area sekitar bahu dan leher dengan lembut.


2. Istirahatkan Otot Leher

  Setelah diregangkan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menghistirahatkannya. Mengurangi gerakan pada otot nyeri akan mempercepat pemulihan otot.


3. Regangkan Otot Leher

 Serabut otot akan tertarik dan memendek saat otot mengejang akibat kontraksi yang berlebihan. Maka dari itu, kamu perlu meregangkan otot leher. Untuk melakukannya, cukup gerakan leher ke arah yang berlawanan.


4. Lakukan Gerakan Ringan

 Setelah kamu merasa mendapat istirahat yang cukup, lakukanlah gerakan-gerakan ringan. Meskipun awalnya akan terasa nyeri, tujuan sebenarnya kamu melakukan hal ini adalah agar leher tidak kaku.


5. Pakai Bantal yang Tepat

   Ketika tidur, menggunakan bantal yang nyaman adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari sakit leher akibat salah bantal.

     Usahakan agar posisi kepala terhadap sumbu tulang tidak miring ketika kamu tidur. Jangan sampai bantal terlalu tinggi atau malah terlalu rendah. Syarat bantal yang baik untuk tidur adalah yang selaras dengan pinggul, punggung, dan leher.

     Hal ini dibutuhkan untuk menjaga agar tulang belakang tetap lurus. Jika posisi tidurmu terlentang, sebaiknya gunakan bantal tipis berbentuk bulat untuk mendukung lekukan alami leher.

     Sedangkan untuk orang yang suka tidur menyamping, pastikan bantal yang digunakan dapat menjaga keselarasan leher.


6. Kompres Leher yang Sakit

  Sebenarnya, masih ada perdebatan apakah kompres dingin bisa meredakan sakit leher lebih baik daripada kompres panas atau malah sebaliknya.

     Namun, sebenarnya hal ini tergantung dari tujuan mengompres dan gejala yang diderita. Kompres panas bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan merelakskan otot.

 Sedangkan kompres dingin bisa dimanfaatkan untuk meringankan rasa sakit, memperkecil pembuluh darah, dan menghentikan pendarahan kecil pada jaringan.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)
07 Januari 2020
Cara Mengatasi Kulit Berminyak tapi Kering
13 Januari 2020
Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor
31 Januari 2020
Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
21 Februari 2020
Susah Tidur? Lakukan Ini Untuk Menggatasi Susah Tidur
26 Februari 2020
Call Of Duty War Zone ada Mode Battle Royale,GRATIS?!
11 Maret 2020

Komentar