Logo Eventkampus

Tak Hanya Gunakan Medsos, Ini Tips Kembangkan Bisnis Kecil Era Daring

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tak Hanya Gunakan Medsos, Ini Tips Kembangkan Bisnis Kecil Era Daring

Perkembangan dunia daring (online) memang menawarkan banyak peluang serta kemudahan dalam berbagai hal, termasuk bisnis. Pelaku usaha, baik skala mikro maupun makro, bermunculan meramaikan “panggung” kewirausahaan era digital.Nah, buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis di era daring, coba deh ikuti tips mudah di bawah ini untuk semakin memaksimalkan perkembangan bisnis kamu.

1. Berteman dengan teknologi

Pada era daring, mau tidak mau manusia harus akrab dengan teknologi, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun menggerakkan roda bisnisnya. Penggunaan media sosial, seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook adalah salah satu cara sederhana yang bisa dimanfaatkan.

Berteman dengan teknologi akan sangat membantu dalam melakukan pekerjaan. Terlebih saat ini sudah banyak teknologi yang dikembangkan untuk membantu pelaku usaha, seperti e-commerce, dompet digital, sistem pembayaran online maupun aplikasi untuk mengontrol setiap lini bisnis.

2. Menjual produk secara online dengan menuliskan kata kunci yang tepat sasaran

Berbisnis online dalam dunia digital adalah sebuah keniscayaan yang hampir dilakukan banyak orang. Sehingga persaingan skala nasional pun hampir tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, trik-trik khusus untuk lebih mudah menggaet pelanggan juga harus dikuasai.Peranan gambar dalam bisnis online memang sangat penting. Namun, memperhatikan penulisan kata kunci produk juga tidak boleh diremehkan. Pasalnya, setiap daerah terkadang memiliki penyebutan nama berbeda untuk satu barang. Misalnya nama wajan, beberapa daerah mengenalnya dengan kuali. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalian menuliskan sebutan nama-nama tersebut dalam judul produk.

Menuliskan jenis barang dan penambahan hashtag (#) yang sesuai juga akan membantu konsumen menemukan produk kalian. Sehingga akan membantu meningkatkan traffic kunjungan toko online dan bisa berkesempatan muncul di halaman utama mesin pencarian. Hindari menuliskan kode dan harga barang dalam judul produk karena akan sulit ditemukan oleh pelanggan.

3. Mendaftarkan usaha pada google bisnis

Google bisnis merupakan media marketing yang disediakan google untuk promosi bisnis secara cuma-cuma. Di sini kalian bisa memasukkan profil usaha secara lengkap, seperti nama bisnis, alamat (yang juga terhubung dengan google maps), kontak, jam operasional, serta review dari pelanggan kita. Sehingga pelanggan lebih mudah untuk menemukan dan mengenal usaha kalian.

4. Menggunakan email sebagai sarana komunikasi dan penyimpanan data

Penggunaan email dalam bisnis juga akan bermanfaat untuk menunjukkan profesionalitas seseorang mengembangkan usaha. Melalui email kalian bisa melakukan kerjasama bisnis, menawarkan promo pada pelanggan, serta membangun relasi lebih dekat dengan rekan bisnis. Jangan lupa gunakan bahasa yang baik dan sopan saat berkomunikasi.

Selain komunikasi bisnis, email juga menawarkan tempat penyimpanan gratis seperti fasilitas google drive. Kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk penyimpanan data bisnis, berupa katalog produk, data penjualan, data pelanggan, dan lain-lain. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah mengakses saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

5. Bergabung aktif dalam seminar maupun grup bisnis online

Era digital ini banyak kelompok maupun komunitas bisnis yang mewadahi para pelaku usaha, khususnya mikro dan menengah. Jangan ragu-ragu untuk bergabung dalam komunitas mereka dengan mengikuti seminar maupun join grup online. Dalam sebuah grup bisnis biasanya memberikan kesempatan untuk mempromosikan bisnis serta melakukan training bisnis secara online.

6. Memiliki mentor bisnis yang siap membimbing

Selain bergabung dalam komunitas bisnis, kalian juga sebaiknya memiliki mentor bisnis. Mentor bisnis akan membantu memecahkan masalah dan membimbing arah usaha. Cara mendapatkan mentor biasanya dengan relasi keluarga, teman wirausaha, pembicara dalam seminar maupun profesional mentor.

Itulah tips mudah yang bisa membantu mengembangkan usaha era daring ini. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang fleksibel dengan perkembangan. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin teknologi yang ada dalam genggaman untuk terus berinovasi dan mengembangkan bisnis lebih cemerlang.


Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Artikel Terkait

10 Cara Instan Meningkatkan Percaya Diri Dalam Hitungan Detik
10 Juli 2017
Tips 5 cara memakai jilbab pashmina sesuai bentuk wajah
15 Januari 2020
Cara Cek IMEI,Apakah Ponsel mu Legal atau BM!
18 Februari 2020
Sering Diabaikan, Inilah 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Ban Motor Tetap Awet
24 Februari 2020
Mengejutkan Ini Rupanya Manfaat Buah Kersen atau Talok
27 Februari 2020
Bagaimana Cara Menghilangkan Karat Pada Besi? Ternyata Gampang Banget!
13 Maret 2020

Komentar