Logo Eventkampus

Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Daun Sereh

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Mengonsumsi Daun Sereh

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sereh juga bisa digunakan untuk rempah-rempah  bahan pelengkap masakan.

Tapi taukah kamu kalau sereh juga memiliki banyak manfaat lainya. Inilah macam-macam manfaat sereh yang baik untuk kesehatan.

1. Membersihkan Tubuh

Kandungan sereh bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh. Manfaat sereh juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal, kandung kemih, dan juga fungsi hati

2. Kolestrol

Jika kalian mengidap kolestrol tidak perlu kuwatir untuk membeli obat,daun sereh juga diketahui dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Pasalnya, manfaat sereh memiliki senyawa yang dapat menjaga kadar kolestrol tetap stabil

3. Depres

Sereh memiliki manfaat untuk mencegah depresi karena sifat antidepresan. Aroma sereh juga bisa membuat relaksasi pada otot dan saraf sehingga mencegah depresi pada tubuh.

4. Penyakit Kulit

Ternyata daun sereh dapat menyembuhkan penyakit kulit. Mengonsumsi teh sereh secara teratur bisa memberikan manfaat pada penyakit di kulit. Misalnya, kadas, kudis, hingga infeksi dari luka terbuka.

5. Demam

Bahkan daun sereh dapat menurunkan demam. Manfaat sereh yang lain, yakni bisa menurunkan demam. Pasalnya, mengonsumsi sereh bisa membuat tubuh jauh lebih tenang.

6. Flu

Ketika flu melanda, sereh juga bisa dijadikan solusi. Sebab, manfaat sereh bisa menurunkan gejala flu seperti demam dan hidung tersumbat.

7. Ketombe

Manfaat sereh yang terakhir adalah mengatasi ketombe pada kepala. Caranya dengan menggunakan minyak sereh langsung pada kulit kepala yang bermasalah.

8. Antioksidan

serai mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

9. Antimikroba

 Minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

10. Anti peradangan

Dengan sifat anti peradangan ini, serai dapat mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pecernaan akibat peradangan.

Itulah macam-macam manfaat yang terkandung dalam daun sereh.

Semoga Bermanfaat :)

Penulis

foto Yoga
Yoga
KARANGANG BANGUN, MATESIH

Artikel Terkait

Sering Lupa Banyak Hal? Ini Tipsnya Biar Gampang Ingat
07 Januari 2020
Cara Atasi Susah Tidur (Insomnia?)
07 Januari 2020
Bagaimana Cara Memakai Masker Hidung yang Tepat
31 Januari 2020
Cara mengatasi internet yang lemot
21 Februari 2020
Inilah Cara Membedakan Tumbuhan Beracun
26 Februari 2020
Cara Mengusir Kecoa Dengan Bahan Alami
10 Maret 2020

Komentar