Logo Eventkampus

CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Suami BCL

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Suami BCL

Mendiang Ashraf Sinclair rupanya mengemari olahraga CrossFit semasa hidupnya. Malam sehari sebelum meninggal dunia, suami Bunga Citra Lestari (BCL) diketahui latihan CrossFit bersama pelatihnya, Oka Tripambudi.

Meski namanya masih terdengar asing, olahraga ini cukup populer di kota-kota besar. Dilansir dari Hello Sehat, CrossFit adalah berbagai gerakan fungsional yang dilakukan pada intensitas tinggi secara konstan

Apa itu Metode Crossfit?

Crossfit adalah program latihan yang menggabungkan dua unsur sistem aerobic serta anaerobic serta menekankan perpaduan latihan interval intensitas tinggi, angkat beban, senam dan disiplin lainnya dalam format serupa latihan sirkuit. Latihan ini terkenal dengan polanya yang keras dan ketat, contohnya dalam satu sesi latihan Anda akan diminta melakukan 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups dan 100 squats. Setiap harinya, latihan yang akan dilakukan adalah berbeda-beda, peralatan yang digunakan dalam metode latihan inipun bersifat beraneka ragam, mulai dari peralatan gym hingga ada yang menggunakan beban berat tubuh sendiri, tali tambang bahkan ban mobil.


Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pola latihan crossfit :

  • Melatih kekuatan otot dan stamina

Berbagai jenis gerakan dan variasi latihan yang dilakukan crossfit membuat kontraksi terjadi pada semua bagian otot sehingga kekuatan otot tentunya akan meningkat dan bentuk otot akan terlihat semakin jelas.

  • Bersemangat dan termotivasi

Pola latihan crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk suatu kelompok. Biasanya juga akan ada tantangan-tantangan yang diberikan pelatih kepada tiap peserta sehingga diantara mereka akan terjadi kompetisi.

  • Kedekatan emosional antar sesama group

Seperti yang telah disebutkan diatas, pola latihan crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk group atau kelompok. Terbiasa bersama saat melakukan latihan biasanya membangun kedekatan emosional antar sesame anggota kelompok.


(Ardian Setiawan)

Penulis

foto Ardian Setiawan
Ardian Setiawan
Siswa SMK N 2 KARANGANYAR dari kelas RPL A

Artikel Terkait

Suami BCL ,Asharf sinclair, Meninggal karena serangan jantung
18 Februari 2020
Lirik Lagu Cinta Sejati - Bunga Citra Lestari (BCL)
20 Februari 2020
Lirik Lagu Soulmate yang Sempat dinyanyikan BCL
20 Februari 2020

Komentar