Logo Eventkampus

5 Penyebab Kaki Bengkak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
5 Penyebab Kaki Bengkak

Kaki bengkak tidak hanya dialami oleh wanita hamil. Di dunia medis, penyebab kaki bengkak bermacam-macam, mulai dari penyakit ringan hingga berbahaya.

1. Penyakit jantung dan ginjal

Penyakit jantung dan ginjal bisa membuat kaki bengkak. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan cairan di kaki sehingga kaki mengalami pembengkakan.

2. Limfedema

Kondisi medis yang disebabkan oleh gangguan pada pembuluh getah bening yang menghambat peredaran cairan di area kaki. Sehingga kaki bengkak karena cairan menumpuk.

3. DVT

Deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena dalam merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gumpalan darah di pembuluh darah vena.

Gumpalan tersebut menyebabkan aliran darah melambat dan daerah yang tersumbat menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit. Biasanya DVT terjadi di otot kaki.

4. Insufisiensi vena

Penyebab kaki bengkak lainnya adalah insufisiensi vena. Merupakan kondisi ketika darah dalam pembuluh darah di kaki tidak bisa naik ke jantung.

5. Perjalanan jauh

Terbatasnya gerakan kaki saat melakukan perjalanan jauh berjam-jam lamanya menggunakan pesawat, kereta, bus, atau mobil juga dapat mengakibatkan kaki bengkak.

Penulis

foto Anggidwiseptiani
Anggidwiseptiani

Komentar