Logo Eventkampus

Jika Anda Memiliki Ciri-Ciri Berikut Berarti Anda Termasuk Orang yang Sombong

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Jika Anda Memiliki Ciri-Ciri Berikut Berarti Anda Termasuk Orang yang Sombong


Sombong tentunya bukanlah merupakan sifat yang baik, sehingga tidak banyak orang yang mau berteman dekat dengan orang yang memiliki sifat sombong. Sayangnya, jarang sekali orang yang menyadari bahwa dirinya memiliki sifat yang sombong. Awalnya, ia hanya mengira bahwa sikapnya adalah suatu bentuk kepercayaan diri, tanpa menyadari bahwa kepercayaan diri tersebut sudah berkembang terlalu jauh hingga menjadi sombong.

Kebiasaan yang dilakukuan oleh seseorang dalam kesehariannya, bisa menunjukkan bagaimana karakter ataukah buruk. Sering kali, saat kita memiliki karakter buruk, seperti sifat yang sombong, kita sangat jarang menyadarinya.

Untuk itu, penting sekali mengetahui karakter apa saja yang menjadi ciri bahwa kamu mulai menjadi sombong. Nah, kalau kamu memiliki karakter di bawah ini, bisa jadi tanpa kamu sadari selama ini kamu telah dinilai sombong oleh orang lain

1.      Kamu sering menginterupsi pembicaraan orang lain

Ketika kamu sering menginterupsi pembicaraan orang, hal ini menunjukkan bahwa kamu merasa apa yang hendak kamu sampaikan lebih penting daripada apa yang sedang orang tersebut katakan. Perilaku seperti ini juga sekaligus menunjukkan bahwa kamu sebenarnya tidak peduli pada pendapat orang lain yang bisa diartikan sebagai bentuk kesombongan.

2.      Kamu suka dibicarakan

Setiap kali ada dalam sebuah diskusi, kamu akan senang jika topik dalam diskusi tersebut adalah tentang kamu. Saat sedang berbicara dalam sebuah forum, kamu juga ingin agar semua orang memperhatikanmu. Dan jika kamu menyampaikan pendapat, kamu ingin semua orang setuju dengan apa yang kamu katakan.

3.      Kamu sulit menerima kritik dari orang lain

Orang yang percaya diri bersedia menerima kritik yang membangun, fleksibel, dan menyadari bahwa kritik adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri mereka. Sebaliknya, individu yang sombong mengalami kesulitan menerima umpan balik dalam menjalani kehidupan. Tak jarang mereka merasa kritik yang diberikan padanya sebagai tanda bahwa orang lain tidak menyukainya.

4.      Kamu tidak menyukainya orang yang tidak seperti dirimu

Kamu ingin semua orang menjadi sepertimu, baik pemikiran maupun perilaku. Dan kamu akan merasa sulit untuk berbicara secara positif tentang siapa pun yang menurutmu tidak memenuhi standarmu.

5.      Menunjukkan pada orang lain bahwa apa yang kamu dapatkan adalah murni hasil usahamu sendiri

Wajar jika kamu merasa bangga dengan prestasi yang kamu dapatkan, tetapi kamu harus menunjukkan bahwa kamu menyadari adanya peran orang lain di balik prestasimu dengan turut memujinya dan berterima kasih.

Orang yang percaya diri tidak akan ragu untuk memberikan pujian kepada orang lain dan mereka sadar bahwa mengakui prestasi orang lain sama sekali tidak akan merendahkan dirinya sendiri. Sebaliknya, orang yang kelewat percaya diri ingin selalu menunjukkan bahwa apa yang ia dapatkan adalah murni hasil usahanya sendiri.

 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar