Logo Eventkampus

Manfaat Siput Yang Tak Terduga

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Siput Yang Tak Terduga

Pernahkah kalian  melihat siput atau bekicot ? Dan pernahkah kamu membayangkan memakannya ? Ternyata, bekicot punya segudang manfaat untuk kesehatan, lho! Bekicot atau siput adalah siput tanah yang biasa kamu temui di pohon, rumput, atau tempat-tempat lembap. Jika disajikan dengan benar, bekicot memiliki banyak manfaat, lho. Dan berikut beberapa manfaat siput yang jarang kalian ketahui.

1.     Dapat Memperkuat Sistem Imun

Ternyata daging siput terdapat nutrisi yang sehat lho. Daging siput yang enak dengan berbagai nutrisi apabila dikonsumsi memiliki manfaat bagi tubuh yaitu meningkatkan sistem imun sebab dagingnya mengandung banyak manfaat vitamin A, C, dan manfaat asam folat yang baik.

2.     Dapat Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan gangguan kesehatan kulit yang sering muncul di kulit wajah yang membuat penderitanya kurang percaya diri ya. Tapi jangan kuatir kalian bisa menggunakan lendir siput untuk mengobati jerawat nih. Lendir siput dipercaya memiliki kandungan antiseptik dan antiradang sehingga dapat membersihkan area jerawat dari bakteri dan meringankan radang akibat jerawat.

3.     Kaya Akan Protein

Mengonsumsi siput sungai dapat memenuhi kebutuhan protein harian. Manfaat protein didapatkan dari daging siput sungai yang mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Kelebihan siput sebagai sumber protein yang terbilang murah sebab bisa ditemukan di sungai dan tidak mahal seperti protein hewani yang berasal dari kambing dan sapi. Pengolahan daging siput yang benar akan menambah manfaat baik dari kandungan protein di dalamnya.

4.     Tinggi Akan Zat Besi

Siput adalah sumber zat besi yang baik dan penting untuk membangun sel darah merah dan membawa energi ke seluruh tubuh lho.

5.     Dapat Menyembuhkan Luka

Siput memiliki lendir yang dihasilkan saat ia bergerak. Lendir siput dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka. Pada beberapa kasus luka dengan pendarahan akibat sabetan benda tajam yang tidak sengaja maupun luka berdarah sedang dapat diobati dengan olesan lendir siput sungai. Olesan lendir didapatkan dari jejak lendir ketika siput sungai berjalan. Untuk mengambil lendir siput  jangan gunakan tangan kosong. Gunakan kapas atau alat lainnya untuk mengurangi efek jijik. Lendir siput sungai juga mengandung antiseptik sehingga baik untuk membunuh kuman dan membersihkan luka agar terhindar dari bahaya infeksi.

Nah, bagaimana setelah melihat manfaat dari siput ? Maukah kalian memakannya ? Atau malah sebaliknya ? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar